Desa Sanur, Bali, disahkan jadi Kampung UKM Wisata Digital pertama

Desa Sanur, Bali, disahkan jadi Kampung UKM Wisata Digital pertama

Techno.id - Sebagai negara yang sangat mengandalkan sektor pariwisatanya, pemerintah terus berupaya supaya pariwisata Indonesia lebih maju. Beberapa strategi pun diambil, misalnya dengan mengusungDesa Sanur di Denpasar, Bali, sebagai Kampung UKM Wisata Digital. Kali ini, PT Telkom Indonesia bekerja sama dengan Kementrian Pariwisata.

"Sekarang kami luncurkan produk berbasis digital karena dunia itu tanpa batas. Kami promosikan Sanur ke dunia dengan cara efektif, yakni menggunakan media digital," ungkap Menteri Pariwisata, Arief Yahya, seperti dikutip dari Antara (26/08/15).

Dengan ini, Arief berharap agar promosi pariwisata dan UKM terkait tak cuma dilakukan secara konvensional, tetapi juga lebih diseimbangkan dengan metode digital. Apalagi, hampir 70 persen masyarakat saat ini tidak terpisahkan dengan ranah digital.

Masih dari sumber yang sama, General Manajer Wilayah Telkom Bali Selatan, I Gusti Bagus Ranuh, mengatakan bahwa sudah ada sekitar 25 pelaku UKM di Desa Sanur yang dibina. Harapannya di tahap awal ini, 25 UKM lagi bisa dijaring dan segera didigitalisasikan.

Sebelumnya, sudah ada enam daerah lain di Indonesia yang menerapkan Kampung UKM Digital ini, salah satunya ialah Desa Padang Biriak-biriak di Kota Pariaman, Sumatera Barat. Namun, Desa Sanur ini ialah Kampung UKM Digital pertama yang bergerak di sektor pariwisata.

(brl/red)