FreedomPop, kartu SIM yang dapat digunakan di negara manapun

FreedomPop, kartu SIM yang dapat digunakan di negara manapun

Techno.id - Bagi para pelancong, kartu SIM merupakan alat komunikasi penting saat bepergian ke luar negeri. Pasalnya, setiap negara memang memiliki layanan operator masing-masing yang belum tentu dapat digunakan di negara lain.

Lalu, apakah di dunia ini ada kartu SIM yang bersifat global alias dapat digunakan di berbagai negara? Jawabannya adalah FreedomPop SIM, yakni layanan kartu SIM internasional yang saat ini tengah populer di Amerika Serikat.

FreedomPop, kartu SIM yang dapat digunakan di negara manapun

Ilustrasi kartu SIM FreedomPop
2016 Ubergizmo.com

Sebagaimana dikutip dari Ubergizmo (20/01), FreedomPop menyebutnya dengan SIM Global. Selain AS, SIM Global saat ini sudah mengembangkan sayap bisnisnya di beberapa negara besar Eropa. Salah satunya seperti Inggris.

Lantas, apakah SIM Global hanya dapat digunakan untuk berkomunikasi via telepon dan pesan singkat saja? Tentu saja tidak. Kartu SIM ini juga menyediakan layanan paket data, bahkan menawarkan konektivitas 3G dan 4G dengan harga murah.

Dengan membayar sebesar USD 9,99 (sekitar Rp 140.000), pengguna SIM Global dapat menikmati paket data sebesar 200MB di jaringan 3G maupun 4G. Hal menariknya, pelanggan bahkan tidak dibebankan biaya (roaming) tambahan apapun.

Jika paket data habis sebelum masa tenggang, pelanggan pun masih memiliki dua alternatif. Pertama, kembali membayar USD 9,99 untuk menikmati paket data tambahan 500MB, atau membayar USD 50 untuk menikmati paket tambahan 4GB.

Di akhir tahun ini, FreedomPop SIM menargetkan diri untuk berekspansi di lebih banyak benua. Menurut informasi yang didapat dari situs resminya, Indonesia dan Asia Tenggara adalah target FreedomPop SIM selanjutnya.

(brl/red)