eSim vs modem Wi-Fi, mana yang harus kamu gunakan saat traveling? Simak penjelasan lengkapnya

eSim vs modem Wi-Fi, mana yang harus kamu gunakan saat traveling? Simak penjelasan lengkapnya

Techno.id - Sebentar lagi waktu liburan tiba. Pasti banyak dari kamu yang sudah merencanakan traveling ke destinasi menarik, baik di dalam maupun di luar negeri. Nah bagi kamu yang ingin menghabiskan liburan di luar negeri tentu saja membutuhkan persiapan ekstra.

Selain berbagai perlengkapan dan dokumen-dokumen penting seperti paspor, tentu saja kamu harus menyiapkan rencana gadget yang akan digunakan agar tetap terhubung. Salah satu cara paling mudah untuk tetap terhubung di luar negeri adalah melalui roaming data. Tetapi jika kamu memiliki kebutuhan data yang tinggi, penting untuk memahami bahwa biaya roaming data bisa sangat mahal.

Sebagai alternatif, kamu bisa membeli kartu SIM fisik lokal, opsi hemat biaya untuk mendapatkan tarif jelajah data lokal. Namun, tidak semua orang bisa menukar kartu SIM mereka dengan kartu SIM lokal karena mereka mengandalkan nomor telepon saat ini untuk menerima pesan penting, termasuk data perbankan seperti mobile banking yang akan dibutuhkan saat traveling.

Untungnya, perusahaan telekomunikasi saat ini menawarkan dua opsi untuk mereka yang tidak bisa berpisah dengan nomor ponsel mereka selama liburan yakni dengan eSIM dan modem Wi-Fi. Dengan dua opsi tersebut, kamu dapat dengan mudah tetap terhubung ke satu atau beberapa gadget yang diperlukan saat perjalanan.

Namun, ada beberapa perbedaan yang membuat salah satunya lebih baik daripada yang lain. Jika kamu perlu mencari tahu yang mana yang harus dibawa dalam perjalanan ke luar negeri, kamu harus tahu apa itu eSIM dan modem Wi-Fi dan bagaimana cara kerjanya.

Apa yang dimaksud dengan eSIM?

eSim vs modem Wi-Fi, mana yang harus kamu gunakan saat traveling? Simak penjelasan lengkapnya foto: freepik/thanyakij-12

Kartu SIM tertanam (eSIM) adalah versi digital dari kartu Subscriber Identity Module (SIM), yang dapat digunakan pada ponsel, tablet, jam tangan pintar, drone, dan perangkat lain yang kompatibel. Pada umumnya, eSIM hanya dapat ditautkan ke satu ponsel dalam satu waktu, tetapi dalam beberapa kasus, dimungkinkan untuk mentransfernya ke perangkat lain.

Tergantung pada model ponsel yang digunakan, kamu juga dapat menghubungkan beberapa eSIM secara bersamaan. Misalnya, kamu dapat menyimpan delapan eSIM atau lebih pada iPhone. Namun, kamu hanya dapat menggunakan satu jaringan data selular dalam satu waktu.

eSIM memungkinkan pengguna yang tidak memiliki slot kartu SIM ganda dapat akses yang sama ke operator lain. Bagi para pelancong, opsi eSIM memungkinkan mereka mengalokasikan koneksi data ke paket roaming yang lebih terjangkau tanpa menonaktifkan nomor asli.

Dalam pengaturan smartphone, kamu dapat mengalokasikan SIM mana yang akan digunakan secara khusus untuk koneksi data. Hal ini tidak hanya mengurangi risiko kehilangan kartu SIM asli, tetapi juga tidak merepotkan untuk terhubung ke internet.

Karena kamu dapat menyiapkan eSIM sebelum meninggalkan bandara asal. Kamu dapat tiba di tempat tujuan tanpa takut tidak memiliki akses internet. Dalam beberapa kasus, eSIM bahkan dapat diatur tanpa koneksi Wi-Fi. Kamu mungkin diharuskan memperbarui sistem operasi ponsel untuk menggunakan fitur ini.

Apa yang dimaksud dengan modem Wi-Fi?

eSim vs modem Wi-Fi, mana yang harus kamu gunakan saat traveling? Simak penjelasan lengkapnya foto: techno.id/yani andriyansyah

Kadang-kadang disebut sebagai hotspot portabel, modem Wi-Fi biasanya berupa perangkat kecil seukuran saku yang dapat digunakan untuk berbagi koneksi jaringan dengan perangkat lain. Tergantung pada model yang kamu gunakan, modem Wi-Fi dapat bervariasi dalam ukuran, bentuk, dan kapasitas.

Beberapa modem Wi-Fi juga memiliki baterai yang bisa dilepas atau berfungsi sebagai power bank. Terlepas dari merek atau modelnya, kesamaan yang dimiliki banyak modem Wi-Fi adalah tujuannya.

Tidak seperti ponsel, yang memiliki berbagai fitur lain, fungsi modem Wi-Fi adalah untuk menghubungkan perangkat ke jaringan selular. Daripada menggunakan jaringan publik yang tidak aman, modem Wi-Fi juga merupakan alternatif yang bagus untuk pelancong.

Bagi pelancong yang sering bepergian, bisa memilih membeli modem Wi-Fi, yang bisa digunakan kembali di berbagai tujuan. Kamu juga bisa menyewa modem internet portabel, yang bisa diantarkan ke rumah atau hotel atau bahkan dijemput di bandara pada saat kedatangan.

(brl/red)