Perluas cakupan 4G, XL-Indosat berbagi jaringan

Perluas cakupan 4G, XL-Indosat berbagi jaringan

Techno.id - Restu dari pemerintah untuk melakukan kerja sama berbagi jaringan langsung dimanfaatkan dua operator telekomunikasi untuk berkolaborasi, Indosat Ooredoo dan XL Axiata. Keduanya mengumumkan kerjasama jaringan untuk 4G LTE (long term evolution) melalui MORAN (Multi Operator Radio Access Network).

Kerjasama tersebut akan memungkinkan kedua operator menggunakan jaringan LTE yang sama di beberapa kota seperti Banyumas, Surakarta, Batam, dan Banjarmasin. Bahkan, kedua perusahaan berencana untuk memperluas kerjasama ini untuk beberapa kota lain guna mendukung agenda ekonomi digital di Indonesia.

Kerjasama jaringan atau lebih dikenal dengan istilah network sharing sudah diimplementasikan di beberapa negara maju yang diklaim bisa memungkinkan para operator untuk memberikan jangkauan jaringan lebih luas. Kerjasama Indosat Ooredoo dengan XL Axiata adalah proyek network sharing LTE pertama di Indonesia.

Dalam keterangan resminya, kerjasama yang dijalin dua operator telekomunikasi seluler itu akan membuat pelanggan merasakan pengalaman yang tidak berbeda dari sebelumnya (seamless) dan akan tetap dapat menikmati layanan yang terbaik dari Indosat Ooredoo dan XL Axiata.

"Kerjasama ini memperluas jaringan 4G LTE untuk pelanggan kita dan mendukung program Pemerintah membangun ekonomi digital Indonesia. Melalui inisiatif ini kami juga mendukung usaha Pemerintah mengurangi impor dalam mata uang asing serta memungkinkan perusahaan untuk lebih efisien, mengurangi impor komponen dan fokus pada investasi dalam negeri," ujar Alexander Rusli, Presiden Direktur dan CEO Indosat Ooredoo.

(brl/red)