CONNECT WITH US
Denny Mahardy |
 27 November 2015 16:00

Dorong pendidikan digital, Indosat Ooredoo gaet Ilham Habibie

Salah satu inisiatif program ini adalah melakukan kemitraan dengan Hasri Ainun Habibie ORBIT Foundation dan CREATE Foundation.

Dorong pendidikan digital, Indosat Ooredoo gaet Ilham Habibie

Techno.id - Fokus menggarap layanan digital jadi bagian dari evolusi yang dilakukan Indosat Ooredoo. Perusahaan telekomunikasi ini mengaku menandai pembangunan dunia digital yang dijalaninya dengan mendukung pendidikan berbasis digital selama lima tahun.

Wujud konkritnya dituangkan dalam program CSR pilar edukasi “Indonesia Belajar” yang berfokus pada pendidikan secara digital. Salah satu inisiatif Indonesia Belajar adalah melakukan kemitraan dengan Hasri Ainun Habibie ORBIT Foundation dan CREATE Foundation untuk menerapkan CREATE CyberSchool With IoT (Internet of Things) di 65 sekolah percontohan yang tersebar di lima wilayah Indonesia yaitu Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku - Papua.

CREATE CyberSchool With IoT sendiri merupakan platform belajar berbasis cloud yang dikembangkan CREATE Foundation untuk memberikan sebuah sarana pembelajaran yang berkualitas bagi setiap siswa di seluruh Indonesia di manapun mereka berada dengan memanfaatkan teknologi digital.

Setiap sekolah percontohan akan dilengkapi dengan tablet yang telah dilengkapi dengan software dan aplikasi pendidikan. Di samping itu, Indosat Ooredoo akan bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia untuk memberikan pelatihan kepada ratusan guru di Indonesia dan meningkatkan kompetensi mereka untuk bisa memberikan pendidikan digital sebaik mungkin.

“Inisiatif pendidikan secara digital Indonesia Belajar adalah salah satu cara dalam menerapkan komitmen kami menghadirkan dunia digital kepada semua orang. Dengan komitmen program selama lima tahun ini sebesar US$ 1 juta, Indosat Ooredoo ingin menciptakan lingkungan pendidikan yang interaktif antara guru dan murid,” kata Alexander Rusli, Direktur Utama Indosat Ooredoo.

Indosat Ooredoo mengklaim perusahaannya bakalan berperan aktif untuk menyediakan teknologi digital yang lebih mudah diakses dan terjangkau bagi pendidikan. Hal ini sejalan dengan gagasan Education for All (EFA) yang dicanangkan UNESCO beberapa waktu lalu.

Ilham Habibie selaku Founder & Head of Trustee CREATE Foundation and Member of Board of Trustees Hasri Ainun Habibie ORBIT Foundation menyatakan salah satu karya CREATE Foundation adalah bahan ajar multimedia interaktif yang sudah dipakai oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Agama Republik Indonesia di 3.600 sekolah seluruh Indonesia.

"Kami mengembangkan platform pendidikan digital interaktif berbasis cloud dan telah kami uji coba di sekolah kami TechnoNatura sebagai laboratorium CREATE CyberSchool dengan IoT (Internet of Things)," jelas Ilham dalam keterangan resmi yang diterima tim Techno.id.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Anies Baswedan mengaku bahwa Kementerian menyambut baik dan mendukung sepenuhnya komitmen Indosat Ooredoo melalui Indonesia Belajar yang memanfaatkan dunia digital untuk membantu meningkatkan akses dan kualitas pendidikan bagi generasi muda Indonesia.

WHAT TO READ NEXT ?