Peluncuran 4G LTE di 15 kota Indosat Ooredoo molor

Peluncuran 4G LTE di 15 kota Indosat Ooredoo molor

Techno.id - Indosat Ooredoo berjanji bakalan meluncurkan layanan telekomunikasi berbasis 4G LTE (long term evolution) di sekitar Jakarta minggu depan. Waktu peluncuran layanan berbasis internet cepat secara komersialnya itu molor dari rencana awal yang bertepatan dengan hari ulang tahun ke-48 perusahaannya yang jatuh tanggal 20 November.

"Kita jadinya minggu depan luncurin 4G komersial di frekuensi 1.800 Mhz. Molor sih dari jadwal, tadinya kita mau luncurin barengan sama ulang tahun tapi prioritas reborn dulu biar sekalian sama perkenalan identitas baru sebagai Indosat Ooredoo ke masyarakat," kata Alexander Rusli, Presiden Direktur dan CEO Indosat Ooredoo.

Pria yang akrab disapa Alex itu mengungkapkan bahwa perusahaannya akan memanfaatkan jaringan super cepat berbasis teknologi LTE Advanced (LTE-A) yang bisa memberikan kecepatan akses sampai 112 Mbps. Tak kurang dari 15 kota akan masuk dalam daftar peluncuran 4G LTE komersial Indosat di frekuensi 1.800 Mhz.

Namun, untuk akses berkecepatan 112 Mbps masih terbatas beberapa kota besar saja. Pria berkacamata itu juga masih merahasiakan nama-nama kota yang akan mendapatkan prioritas peluncuran 4G dari perusahaan yang sebelumnya bernama Indosat tersebut.

"Kami targetkan hingga akhir November ini, kami launch bersamaan. Nanti ada yang di 900 MHz dan 1.800 MHz akan kami coba carrier aggregation supaya bisa mencapai 112 Mbps. Kota-kota yang bisa sampai 112 Mbps masih di beberapa kota yang sudah lebih dulu merasakan 4G di 900 MHz," ucap Alex sewaktu ditemui tim Techno.id.

Berdasarkan penelusuran, salah satu operator seluler terbesar di Indonesia itu baru menyediakan layanan 4G LTE di 900 MHz di Bandung, Yogyakarta, dan Bali pada pertengahan tahun 2015. Kemungkinan, kota-kota itulah yang bakalan lebih dulu mendapat akses 112 Mbps pertama dari Indosat Ooredoo di akhir November ini.

(brl/red)