Zoom perkenalkan Workplace, platform kolaborasi berbasis AI untuk menata ulang cara kerja tim

Zoom perkenalkan Workplace, platform kolaborasi berbasis AI untuk menata ulang cara kerja tim

Techno.id - Zoom baru-baru ini mengumumkan peluncuran Zoom Workplace, platform kolaborasi terbuka berbasis AI. Selain itu Zoom juga memperkenalkan inovasi AI Companion untuk membantu menata ulang cara kerja tim.

Ada juga fitur baru AI Companion untuk Zoom Phone dan Ask AI Companion, tampilan baru pada aplikasi Zoom, dan banyak pembaruan lainnya. Dengan deretan pembaruan ini, Zoom menyajikan platform all-in-one berbasis AI bagi penggunanya yang membutuhkan cara kerja modern.

Zoom juga mengumumkan penyempurnaan pengalaman pelanggan pada Zoom Contact Center, sehingga perusahaan dapat memperkuat hubungan dengan para pelanggan dan memanfaatkan informasi yang dihasilkan AI secara real-time untuk meningkatkan kualitas interaksi dengan agen.

Smita Hashim, Chief Product Officer di Zoom menjelaskan, Zoom Workplace dengan AI Companion akan membantu memecahkan masalah nyata dengan menghadirkan solusi kolaborasi utama ke dalam satu platform berbasis AI. Tujuannya untuk membantu meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan keseluruhan kualitas kerja.

Inovasi Zoom AI Companion terbaru mencakup Ask AI Companion, asisten digital yang disempurnakan untuk membantu pengguna mempersiapkan hari kerja mereka di Zoom Workplace serta AI Companion untuk Zoom Phone dan fitur tambahan pada Team Chat dan Whiteboard. Semua fitur AI Companion dapat diakses pengguna dengan akun Zoom berbayar dan memenuhi syarat, tanpa biaya tambahan.

Sementara Zoom Workplace, platform kolaborasi berbasis AI, menghadirkan inovasi baru untuk membantu perusahaan menata ulang cara kerja tim, memudahkan interaksi, meningkatkan produktivitas, dan mengoptimalkan pengalaman kerja yang fleksibel. Zoom Workplace akan meningkatkan kualitas pengalaman pengguna pada platform Zoom melalui Zoom AI Companion, sehingga semua karyawan perusahaan bisa menjadi lebih produktif, berkolaborasi dengan lebih baik, dan meningkatkan keterampilan kerja mereka.

Tampilan baru

Untuk Zoom Meetings, pengguna akan melihat Meetings tab baru pada aplikasi Zoom, sehingga pengguna dapat berkolaborasi baik sebelum, selama rapat, atau pun sesudah rapat berlangsung. Tab ini menyediakan tampilan kalender standar dan berfungsi untuk menampung agenda, rekaman, dan aset bersama lainnya, seperti dokumen, smart recording dari AI Companion, dan rangkuman rapat.

Tahun lalu, Zoom memperkenalkan fitur continuous meeting chat, yang membantu pengguna melanjutkan pembahasan setelah rapat, sehingga kolaborasi dapat terus berlanjut secara asinkron (tidak dalam waktu yang bersamaan) sepanjang proyek berlangsung. Dengan Meetings tab baru, pengguna dapat mengakses kelanjutan percakapan rapat lewat Meeting card, baik sebelum maupun sesudah rapat.

(brl/red)