7 Aplikasi ini dikenal sangat cepat menguras baterai laptop

7 Aplikasi ini dikenal sangat cepat menguras baterai laptop

Techno.id - Beberapa laptop umumnya memiliki daya tahan baterai yang cukup baik. Tetapi sejumlah aplikasi dapat memengaruhi berapa lama laptop kamu bertahan saat digunakan.

Bukan rahasia lagi jika ada beberapa aplikasi yang cukup cepat menguras baterai laptop. Berikut tujuh aplikasi yang membuat laptop kamu cepat kehilangan daya baterai lebih cepat.

1. Google Chrome

7 Aplikasi ini dikenal sangat cepat menguras baterai laptop foto: freepik/thaspol_s

Bukan rahasia jika Chrome adalah salah satu aplikasi yang cukup boros menggunakan daya baterai laptop. Jika kamu tetap ingin menggunakan Chrome, pertimbangkan untuk menutup tab peramban dan jendela yang tidak kamu gunakan.

Kamu juga bisa menggunakan peramban lain yang lebih hemat daya seperti Microsoft Edge atau Safari untuk MacBook. Ada beberapa alasan mengapa Safari merupakan pilihan yang solid dibanding peramban lain, salah satunya adalah efisiensi energi.

2. Spotify

7 Aplikasi ini dikenal sangat cepat menguras baterai laptop foto: freepik

Aplikasi streaming juga dfapat menyebabkan baterai laptop cepat habis. Sebab, aplikasi streaming membutuhkan daya untuk sejumlah fitur seperti internet, audio, dan terkadang video. Salah satu aplikasi lintas platform dan layanan streaming yang cukup menguras baterai adalah Spotify. Kurangi penggunaan Spotify pada laptop untuk menghemat baterai.

3. Zoom

7 Aplikasi ini dikenal sangat cepat menguras baterai laptop foto: freepik

Jika kamu menginstal Zoom di laptop, perhatikan daya baterai saat aplikasi tersebut digunakan. Aplikasi ini cukup banyak menyedot daya baterai, apalagi jika menggunakannya cukup lama.

Sebab secara umum aplikasi panggilan video, sangat intensif membebani CPU dan GPU. Aplikasi ini menggunakan suara, video, dan internet untuk waktu yang lama.

Kamu dapat mengurangi beban Zoom pada baterai laptop dengan menutup aplikasi latar belakang saat terbuka atau menggunakannya dalam Mode Daya Rendah. Kamu juga dapat mencegah pengurasan baterai saat menggunakan Zoom dengan mengurangi kecerahan layar dan memastikan laptop kamu terhubung ke sumber daya.

(brl/red)