Cara menonaktifkan fitur mirroring di Zoom agar tampilan kamu tidak terbalik

Cara menonaktifkan fitur mirroring di Zoom agar tampilan kamu tidak terbalik

Techno.id - Panggilan video dan konferensi sekarang menjadi bagian permanen dari sebagian besar orang yang menjalani sistem kerja online. Mereka bekerja dari jarak jauh atau dengan pola hybrid di mana tidak semua staf berada di kantor yang sama pada waktu yang bersamaan.

Nah biasanya mereka akan menggunakan Zoom sebagai platform video conference berkat kemudahan penggunaannya. Namun ada satu masalah yang menjangkiti banyak orang hingga hari ini.

Untuk alasan apa pun, Zoom suka mengambil kamera pengguna dan membaliknya sehingga mereka tampak dicerminkan (mirroring) saat mereka melihat diri sendiri di layar pratinjau kecil. Ini bisa sangat mengganggu, terutama jika kamu perlu memamerkan sesuatu dengan menulis kepada audiens.

Jika mengalami kondisi tersebut, tidak perlu panik karena video kamu sebenarnya tidak terbalik. Ketika orang-orang di ujung telepon melihat kamu, sebenarnya tampilan kamu persis seperti yang seharusnya. Artinya ketika kamu memperlihatkan teks untuk dibaca maka akan terbaca jelas pada orang-orang yang bergabung di dalam Zoom. Kamu tidak perlu melakukan apa-apa, karena hanya pratinjau diri kamu dalam video yang terlihat terbalik.

Hal ini terjadi karena mirroring diaktifkan secara default saat menggunakan Zoom dan layanan lainnya seperti Teams, Skype, dan Google Meet juga.

Cara mematikan mirroring di Zoom

Cara menonaktifkan fitur mirroring di Zoom agar tampilan kamu tidak terbalik foto: freepik/rawpixel.com

Zoom saat ini adalah satu-satunya platform yang memungkinkan kamu mematikan pencerminan (mirroring). Kamu dapat mematikan pencerminan di pengaturan video. Berikut cara melakukannya.

1. Buka aplikasi Zoom dan ketuk ikon pengaturan.

2. Klik pengaturan video, opsi ini akan membuka pratinjau video kamu.

3. Klik "cerminkan video saya" dan lihat tampilan mana yang paling cocok untuk kamu.

(brl/red)