YouTube Music luncurkan Samples, fitur untuk menemukan musik baru dengan mudah

YouTube Music luncurkan Samples, fitur untuk menemukan musik baru dengan mudah

Techno.id - Berbicara format video vertikal di media sosial, tentu tidak bisa dipisahkan dari TikTok. Aplikasi ini memomulerkan video pendek dengan format vertikal yang akhirnya digemari. TikTok pun berinovasi dengan meluncurkan video musik dalam format yang sama.

Dengan meledaknya video pendek dan penemuan musik di TikTok, platform lain pun ikutan latah. Sebut saja aplikasi streaming seperti Spotify dan Apple Music mengikuti jejak yang sama. Tak ingin tertinggal semakin jauh, YouTube Music juga akhirnya meluncurkan format serupa yang dinamakan Samples.

Platform besutan Google ini memperkenalkan Samples sebagai fitur baru agar pengguna dapat menemukan musik baru dengan lebih mudah. Dalam posting blog resmi, YouTube mengumumkan Samples dapat diakses melalui tab khusus di aplikasi YouTube Music di Android dan iOS. Tab ini berada di antara tab Home dan Explore.

YouTube Music luncurkan Samples, fitur untuk menemukan musik baru dengan mudah foto: blog.youtube

Samples merupakan umpan mulus dari segmen video berdurasi pendek untuk membawa pengguna ke musik favorit baru. Tab Samples dikurasi berdasarkan kebiasaan pengguna mendengarkan musik dengan dukungan katalog video musik di YouTube.

Rekomendasiakan berkisar dari mulai dari artis, musik lawas hingga sensasi musik yang sedang naik daun. Segera setelah pengguna membuka tab Samples, akan disambut potongan kecil dari sebuah lagu yang menampilkan bagian lagu untuk memberi tahu pengguna mengenai genre, artis, dan isi video musiknya. Rekomendasi lagu akan berubah setiap kali pengguna membuka tab Sampel atau aplikasi YouTube Music.

(brl/red)