Xiaomi umumkan jadwal peluncuran Redmi Note 12 Series di Indonesia, catat tanggalnya

Xiaomi umumkan jadwal peluncuran Redmi Note 12 Series di Indonesia, catat tanggalnya

Xiaomi umumkan jadwal rilis Redmi Note 12 Series

Suksesor Redmi Note 11 ini dilengkapi chipset Qualcomm Snapdragon 4 Gen 1 SoC yang dipasangkan dengan RAM LPDDR4X dan penyimpanan internal UFS 2.2. Redmi Note 12 5G juga berjalan pada OS Android 12 berbasis OS MIUI 13 dengan custom skin.

Di bagian belakang, Redmi Note 12 5G menampilkan pengaturan tiga kamera yang terdiri dari sensor utama 48 megapiksel, lensa sudut ultra lebar 8 megapiksel, dan 2 megapiksel. Sementara itu, bagian depan terdapat kamera selfie 8 megapiksel. Smartphone ini ditenagai baterai berkapasitas 5.000 mAh yang mendukung pengisian daya cepat 33W. Fitur lainnya termasuk jack headphone 3.5mm, rating IP53, IR blaster, pemindai sidik jari yang dipasang di samping. Smartphone ini memiliki ketebalan 7.9mm, dan slot kartu SIM hybrid untuk ekspansi memori hingga 1TB melalui kartu microSD.

Xiaomi umumkan jadwal peluncuran Redmi Note 12 Series di Indonesia, catat tanggalnya (Foto : xiaomiplanet)

Sementara Redmi Note 12 Pro memiliki layar Full HD+ Pro Amoled 6,67 inci dengan resolusi 2400 1080 piksel. Layar ini memiliki rasio aspek 20:9 layar kaca lengkung 2.5D, dan kerapatan piksel sekitar 394 PPI. Layarnya cerah, berkat kecerahan 900 nits dalam mode kecerahan tinggi dengan kecepatan refresh tampilan 120Hz dan kecepatan sampling sentuh 240Hz, yang ketika diaktifkan menawarkan pengalaman pengguna yang sangat mulus, terutama ketika pengguna menggulir UI dan saat bermain game.

Perangkat ini juga memiliki kecepatan refresh adaptif, sehingga dapat beralih antara 30Hz, 60Hz, 90Hz dan 120Hz tergantung pada konten. Layara ini juga memiliki dukungan HDR 10+, yang berfungsi untuk YouTube dan Netflix. Ada juga dukungan Dolby Vision yang berfungsi untuk Netflix. Ponsel ini dilengkapi dengan perlindungan Corning Gorilla Glass 5.

Di bagian atas juga terdapat lubang kecil untuk menampung kamera selfie 16 megapiksel. Menariknya, lubang ini tidak mengganggu pengguna saat menonton video karena hanya menempati ruang yang kecil. Di atas layar terdapat lubang suara di tepi atas yang juga berfungsi sebagai speaker sekunder. Ponsel ini juga memiliki seperangkat sensor jarak dan cahaya sekitar, serta giroskop dan sensor magnetik, atau dikenal sebagai magnetometer.

Di sektor kamera, ponsel ini memiliki konfigurasi tiga kamera belakang, masing-masing kamera utama 50MP dengan sensor Sony IM766, OIS, f/1.88 aperture. Lalu ada juga kamera ultra-wide angle 8MP 120 derajatf/2.2 aperture dan 2MP kamera makro f/2.4 aperture.

Xiaomi umumkan jadwal peluncuran Redmi Note 12 Series di Indonesia, catat tanggalnya (Foto: xataka.com)

Sedangkan Redmi Note 12 Pro Plus bukanlah ponsel yang paling tipis atau paling ringan. Bahkan terlihat sedikit berat. Tapi dari sisi layar ponsel ini telah disetel untuk pengalaman visual yang luar biasa. Dengan panel Amoled dan dapat melakukan refresh pada 120Hz dengan resolusi FHD+. Sebuah punch-hole, yang tidak mencolok, ada di bagian atas dan bezel yang mengelilingi panel. Pada 900nits, layarnya juga menjadi sangat terang untuk penggunaan di luar ruangan yang cerah.

Spesifikasi lainnya juga cukup luar biasa seperti kemampuan untuk menampilkan 1,07 miliar warna dan rasio kontras 5.000.000 banding 1. Untuk layanan OTT, panel ini dapat menampilkan konten dalam HDR10 dan Dolby Vision. Untuk kebutuhan browsing dan menonton secara umum, Note 12 Pro Plus lebih dari cukup, baik untuk bermain game atau menonton YouTube.

Di sektor kamera, ponsel ini terbilang luar biasa. Menggunakan konfigurasi tiga kamera, ponsel ini menggunakan Samsung ISOCELL HPX 200MP sebagai kamera utama, didukung kamera ultra-wide 8MP dan kamera makro 2MP. Kita tunggu saja gebrakan Xiaomi yang akan memboyong Redmi Note 12 Series ke Indonesia.

(brl/red)