WhatsApp gunakan username untuk akun pengguna, sudah nggak perlu lagi nomor telepon

WhatsApp gunakan username untuk akun pengguna,  sudah nggak perlu lagi nomor telepon

Techno.id - WhatsApp sebagai platform perpesanan digital populer terus mengembangkan fitur yang dimilikinya. Semenjak diakuisisi Meta, platform dengan logo telepon berwarna hijau ini mengeluarkan fitur-fitur unik dan bermanfaat. Tujuannya adalah agar pengguna bisa memperoleh pengalaman berbeda saat berkomunikasi dengan WhatsApp.

Baru-baru ini santer dikabarkan WhatsApp akan mengeluarkan fitur Username. Fitur ini bakal diterapkan dalam WhatsApp, agar pengguna lebih mengenali kontak. Kemudian diharapkan dengan fitur ini, pemilik akun mendapatkan pengalaman baru kala memanfaatkan WhatsApp.

Kabar mengenai adanya fitur username ini terlihat melalui laman WABetainfo. Sebuah website kerap memberikan bocoran fitur baru di WhatsApp untuk masa depan. Lantas bagaimana kemampuan dari fitur ini? Berikut techno.id sajikan ulasannya yang dihimpun dari berbagai sumber.

WhatsApp gunakan username untuk akun pengguna,  sudah nggak perlu lagi nomor telepon foto: wabetainfo.com

Dilansir dari laman WABetainfo, melalui fitur username pengguna akan dipermudah dan aman dalam berkomunikasi dengan orang tanpa khawatir privasi mereka terancam.

Fitur ini memungkinkan pengguna WhatsApp mengobrol dengan kontak lain tanpa harus mengetahui nomor ponsel mereka. Namun dengan syarat pengguna mengetahui username WhatsApp pemilik akun yang dituju.

Lebih lanjut, pihak dari developer tetap menerapkan sistem keamanan enkripsi end-to-end untuk percakapan menggunakan username tersebut. Tujuannya agar obrolan berlangsung tidak akan dibajak maupun disadap pihak yang tidak bertanggung jawab.

Apabila sobat bertanya bagaimana cara menerapkan fitur ini, ternyata cukup mudah. Username WhatsApp dapat diakses melalui menu profil. Pengguna cukup klik opsi Settings atau pengaturan kemudian masuk ke menu Profile. Nantinya akan ada kolom username yang bisa diatur pengguna.

Kendati demikian, WhatsApp belum memberikan keterangan lebih lanjut bagaimana mekanisme yang bekerja di dalam fitur ini. Kemudian belum diinfokan juga, apakah pengguna bisa bebas berkreasi tanpa batas untuk membuat username ataukah dibatasi.

Dirangkum dari laman WABetainfo, fitur WhatsApp Username masih dalam pengembangan developer. Namun jika sobat ingin mencobanya, bisa menggunakan WhatsApp versi Beta Android 2.23.11.15. Apabila sudah masuk ke dalam versi Beta, biasanya Meta tidak lama lagi akan menggelontorkan fitur ini ke semua pengguna WhatsApp.

(brl/red)