WhatsApp Channels resmi diluncurkan, kini tersedia di 150 negara secara global

WhatsApp Channels resmi diluncurkan, kini tersedia di 150 negara secara global

Techno.id - WhatsApp meluncurkan fitur Channels di 150 negara. Dengan menggunakan WhatsApp Channels, pengguna dapat berbagi pembaruan atau informasi dengan banyak pengguna lain di WhatsApp. Pengguna juga dapat mencari saluran tertentu menggunakan direktori dan bereaksi terhadap pesan yang dikirim pemilik saluran.

CEO Meta, Mark Zuckerberg, mengumumkan peluncuran WhatsApp Channels di saluran pribadinya. Zuckerberg menjelaskan, WhatsApp Channels telah diluncurkan secara global dan WhatsApp akan menambahkan ribuan saluran baru yang dapat diikuti. Pengguna dapat menemukan Saluran di tab 'Pembaruan' baru,

WhatsApp Channels resmi diluncurkan, kini tersedia di 150 negara secara global foto: whatsapp

Pengguna dapat bergabung dengan WhatsApp Channels resmi untuk mengetahui tentang pembaruan terbaru di platform ini. Pengguna WhatsApp dapat memfilter saluran dalam direktori dan bergabung dengan saluran yang memiliki pengikut terbanyak, paling aktif, dan banyak lagi.

WhatsApp Channels adalah sebuah fitur yang akan memberikan pengguna cara yang lebih privat untuk menerima informasi penting. Tujuannya untuk membuat layanan siaran paling privat yang tersedia saat ini. Saluran berbeda dari chat pengguna, dan saluran yang dipilih untuk diikuti tidak akan terlihat oleh pengikut lain.

WhatsApp Channels resmi diluncurkan, kini tersedia di 150 negara secara global foto: whatsapp

Namun harap diperhatikan bahwa pengguna WhatsApp dapat bergabung dengan saluran hanya dengan tautan undangan yang valid. Nomor telepon pemilik saluran tidak akan dibagikan untuk melindungi privasi pengguna.

Pesan yang dikirim melalui WhatsApp Channels akan tersedia selama 30 hari. Anggota saluran dapat bereaksi terhadap pesan yang dibagikan tetapi tidak dapat menanggapi pesan tersebut. Selain itu, pesan yang disiarkan di saluran tidak dilindungi secara end to end secara default. Untuk mempromosikan fitur ini, WhatsApp berkolaborasi dengan para selebriti yang telah memiliki saluran di WhatsApp.

Di Indonesia, beberapa organisasi telah memulai salurannya, termasuk BMKG, dan saluran dari perusahaan konten Fremantle untuk acaranya seperti X Factor Indonesia dan Indonesian Idol.

WhatsApp telah mendapatkan lebih banyak fitur yang memungkinkan pengguna untuk bereaksi menggunakan emoji. Namun, platform ini tidak akan menampilkan reaksi dari pengikut lain, tetapi orang lain dapat melihat jumlah dan jenis reaksi. Fitur WhatsApp Channels diluncurkan secara bertahap dan akan tersedia untuk semua orang dalam beberapa bulan mendatang.

(brl/red)