WhatsApp sematkan fitur pembaruan untuk Mac, sekarang bisa menampilkan panggilan grup

WhatsApp sematkan fitur pembaruan untuk Mac, sekarang bisa menampilkan panggilan grup

Techno.id - Layanan perpesanan WhatsApp di Mac dan Windows sejak awal kemunculan memiliki fitur yang cukup sederhana. Cuma dapat mengirim pesan dan melakukan panggilan orang per orang, sehingga fiturnya lebih sedikit dibanding aplikasi untuk iOS.

Maret lalu, WhatsApp memberikan pembaruan pada aplikasi Windows. Kini giliran versi MacOS yang mendapatkan pembaruan. Lantas apa saja pembaruan yang diberikan WhatsApp untuk perangkat Mac?

Pembaruan WhatsApp baru untuk MacOS terutama menghadirkan panggilan grup. Sekarang, pengguna dapat menelepon hingga delapan orang untuk panggilan video, dan 32 orang untuk panggilan audio. Memang jumlah tersebut agak jauh dibanding Zoom yang mampu menampilkan rapat online untuk 100 orang.

Meski begitu, banyak pengguna yang memilih layanan ini ketimbang Zoom karena faktor enkripsi end-to end dan komunikasi lintas platform. Selain itu WhatsApp juga menyematkan beberapa fitur tambahan pada perangkat Apple ini.

Beberapa fitur baru untuk pengguna MacOS

WhatsApp sematkan fitur pembaruan untuk Mac, sekarang bisa menampilkan panggilan grup foto: whatsapp

Tampilan aplikasi ini juga telah didesain ulang sepenuhnya. Sekarang, WhatsApp untuk Mac dioptimalkan untuk layar besar, memberikan pengalaman visual yang lebih baik. Aplikasi ini juga mendapat manfaat dari peningkatan sinkronisasi di seluruh perangkat dan penautan perangkat yang lebih cepat. Selain itu, aplikasi ini sekarang mendukung pratinjau tautan dan stiker.

Beberapa fitur penting lain yang disediakan dari desain ulang ini adalah layar riwayat panggilan, dan kemampuan untuk menerima notifikasi panggilan saat aplikasi ditutup. Fitur ini akan berguna bagi mereka yang tidak ingin aplikasi WhatsApp menyedot banyak sumber daya listrik namun tetap dapat menerima panggilan masuk meski aplikasi WhatsApp ditutup.

Fitur lainnya, sekarang pengguna bisa memasukkan file ke dalam obrolan, sehingga pengalaman berbagi file jadi lebih mudah. Selain itu, saat obrolan video berlangsung, pengguna tetap bisa menerima panggilan masuk lain. Sebab, sekarang ada cara untuk bergabung dengan panggilan yang sedang berlangsung tanpa mengganggu semua orang. Fitur ini mirip dengan cara Discord menangani panggilan grup.

(brl/red)