Cara membagikan lokasi langsung dan terkini di WhatsApp untuk Android dan iOS

Cara membagikan lokasi langsung dan terkini di WhatsApp untuk Android dan iOS

Techno.id - Apakah kamu ingin memberi tahu seseorang tentang lokasi kamu yang sebenarnya? WhatsApp memiliki fitur yang memungkinkan kamu membagikan lokasi langsung dengan kontak kamu hanya dengan beberapa ketukan di layar.

WhatsApp memungkinkan pengguna mengirim lokasi langsung ke siapa pun yang memiliki akun WhatsApp. Ada dua jenis lokasi yang dapat dikirim, lokasi langsung dan lokasi terkini.

Berbagi lokasi langsung di WhatsApp memberikan pembaruan real-time tentang keberadaan pengguna selama durasi tertentu. Jika pengguna membagikan lokasi saat ini, penerima hanya akan melihat pin lokasi pengguna saat ini. Pengguna dapat mengirim lokasi di grup WhatsApp dan obrolan pribadi.

Baik saat pengguna sedang bepergian atau memberi tahu seseorang di mana ia berada, berikut ini adalah cara membagikan lokasi langsung dan lokasi saat ini di perangkat Android dan iOS.

Membagikan lokasi di WhatsApp untuk Android

Cara membagikan lokasi langsung dan terkini di WhatsApp untuk Android dan iOS foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

1. Buka obrolan atau grup yang ingin kamu kirimi lokasi.

2. Ketuk ikon penjepit kertas di bagian kanan bawah layar kamu.

3. Dari menu yang terbuka, pilih Lokasi.

4. Pilih Bagikan lokasi langsung atau Kirim lokasi kamu saat ini, tergantung preferensi kamu.

5. Jika memilih Bagikan Lokasi Langsung, kamu dapat memilih durasi berbagi lokasi. Pilih durasi waktu yang kamu inginkan, tambahkan komentar jika kamu mau, dan ketuk ikon panah di sudut kanan bawah untuk membagikan lokasi langsung kamu.

Jika kamu ingin berhenti berbagi lokasi sebelum waktu yang ditetapkan, ketuk Hentikan Berbagi di bagian bawah pesan berbagi lokasi. Hal ini dapat dilakukan baik untuk obrolan grup maupun pribadi.

Langkah-langkah untuk membagikan lokasi kamu sama pada WhatsApp standar dan WhatsApp Business. Kamu dapat menguji fitur ini dengan mengirimkan pesan kepada diri sendiri di WhatsApp.

Membagikan lokasi Anda di WhatsApp untuk iPhone

Cara membagikan lokasi langsung dan terkini di WhatsApp untuk Android dan iOS foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

1. Buka obrolan yang ingin kamu bagikan lokasinya dan ketuk ikon +.

2. Pilih Lokasi dari menu yang muncul.

3. Tekan Bagikan lokasi langsung atau Kirim lokasi kamu saat ini.

Sama seperti Android, jika kamu ingin berhenti membagikan lokasi langsung, tekan tombol Berhenti Berbagi.

Untuk menggunakan fitur ini di perangkat Android dan iOS, kamu perlu mengaktifkan izin lokasi untuk WhatsApp di pengaturan ponsel. Agar aman, cukup atur izin ke Izinkan hanya saat menggunakan aplikasi atau ke Tanya setiap saat.

(brl/red)