WhatsApp akan segera merombak besar-besaran tampilan antarmuka

WhatsApp akan segera merombak besar-besaran tampilan antarmuka

Techno.id - Layanan pesan instan milik Meta, WhatsApp, terus memperbarui platform untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Seperti dilaporkan WABetaInfo, saat ini WhatsApp sedang mengerjakan antarmuka baru untuk Android.

WhatsApp telah meluncurkan pembaruan ini melalui Google Play Beta Program. Pembaruan beta baru ini mengisyaratkan antarmuka yang didesain ulang dengan menambahkan bilah atas berwarna putih dan nama aplikasi berwarna hijau.

Antarmuka terbaru saat ini sedang dalam pengembangan dan tidak tersedia untuk penguji beta. WhatsApp mungkin akan memperkenalkan antarmuka ini dengan pembaruan aplikasi di masa mendatang.

Namun, penting untuk dicatat bahwa perubahan serupa juga sedang dikembangkan WhatsApp untuk iPhone (iOS). Laporan tersebut mencatat bahwa WhatsApp berencana menyelaraskan kedua aplikasi tersebut dengan antarmuka dan fitur yang serupa. Aplikasi Android juga diatur untuk menyelaraskan dengan pedoman Material Design 3.

Laporan tersebut menyertakan tangkapan layar yang menunjukkan bagaimana tampilan antarmuka WhatsApp yang baru ini setelah diluncurkan. Menurut laporan tersebut,WhatsApp berencana mendesain ulang bilah aplikasi bagian atas dengan membuatnya berwarna putih.

Bilah status di aplikasi Android WhatsApp juga kemungkinan besar akan menjadi putih. Selain itu, WhatsApp juga berencana mengubah font untuk nama aplikasinya yang diharapkan akan ditampilkan dalam warna hijau.

Antarmuka yang telah dirombak ini masih dalam tahap pengembangan dan WhatsApp akan mengembangkannya lebih lanjut sebelum dirilis secara resmi untuk para penguji beta. Laporan tersebut juga mencatat bahwa WhatsApp berencana memperkenalkan beberapa peningkatan lain pada bilah aplikasi bagian atas.

Pengembangan fitur baru yang lain

WhatsApp juga dilaporkan sedang mengerjakan fitur baru yang memungkinkan pengguna menyaring percakapan mereka dengan mengurutkan obrolan. Filter ini akan membantu pengguna mengategorikan obrolan dalam sebuah daftar yang akan mencakup pesan yang belum dibaca, percakapan pribadi, dan obrolan bisnis.

Fitur ini akan memberikan pengguna kontrol yang lebih besar saat menelusuri percakapan mereka. WhatsApp akan menambahkan beberapa perbaikan yang lebih nyata pada antarmuka ini. Tombol-tombol untuk mengganti filter-filter ini sekarang memiliki ujung yang lebih bulat dibandingkan dengan yang sebelumnya.

(brl/red)