Siap-siap Steam bakal hentikan dukungan untuk Windows lawas pada 2024, buruan upgrade deh

Siap-siap Steam bakal hentikan dukungan untuk Windows lawas pada 2024, buruan upgrade deh

Techno.id - Steam bakal menghentikan dukungan untuk pengguna Windows 7 dan Windows 8. Setelah tahun 2024, layanan distribusi game dari Valve tersebut tidak akan dapat digunakan di Windows 7 dan Windows 8.

Hal tersebut dikonfirmasi Valve dalam resmi di laman Steam. Di mana disebutkan Steam akan secara resmi menghentikan dukungan untuk beberapa sistem operasi Windows sejak 1 Januari 2024.

Adapun, sistem operasi yang tidak akan lagi didukung Steam adalah Windows 7, Windows 8, dan Windows 8.1. Artinya setelah tanggal tersebut, aplikasi Steam client tidak akan dapat dijalankan pada ketiga sistem operasi tersebut.

Menurut Valve, alasan pemberhentian dukungan untuk Windows 7, Windows 8 dan Windows 8.1 adalah karena fitur inti dari Steam sangat bergantung pada Google Chrome. Sayangnya, Google Chrome sendiri sudah tidak memberikan dukungan untuk Windows dengan versi lebih lama seperti 7, 8 dan 8.1.

Siap-siap Steam bakal hentikan dukungan untuk Windows lawas pada 2024, buruan upgrade deh (Foto: screencapture)

Agar tetap dapat menjalankan Steam Client dan menggunakan layanannya, pengguna diharuskan untuk menggunakan sistem operasi Windows 10 atau lebih baru. Valve juga menyarankan kepada pengguna untuk segera melakukan upgrade ke Windows versi terbaru.

Menurut Valve, sistem operasi lama akan lebih rentan terkena serangan malware yang akan berimbas pada Steam, Game, bahkan data yang terdapat pada Steam yang dimiliki pengguna. Hal tersebut karena Microsoft sudah menghentikan dukungan keamanan dan teknis untuk Windows 7 pada tahun 2020 dan segera untuk Windows 8 di tahun 2023.

Magang: Nabiel Mumtaz Zaydane Firdaus

(brl/red)