Samsung sedang mengembangkan cincin pintar, wearable baru untuk memantau kesehatan

Samsung sedang mengembangkan cincin pintar, wearable baru untuk memantau kesehatan

Techno.id - Berbicara perangkat wearable, boleh jadi cincin pintar (smart ring) tidak sepopuler smartwatch (jam pintar). Selama ini jika bicara cincin pintar, pandangan banyak orang pasti tertuju kepada Oura Ring.

Bagi sebagian orang, cincin pintar mungkin sesuatu yang baru. Tapi tidak demikian dengan Oura yang sudah lama bermain pada perangkat ini. Cincin pintar Oura dapat digunakan selama sekitar satu minggu dengan sekali pengisian daya dan dilengkapi konektivitas Bluetooth untuk memungkinkan pengguna memantau cincin mereka menggunakan iPhone atau ponsel Android. Cincin ini berfungsi untuk memantau statistik kesehatan dan kebugaran.

Tampaknya tidak lama lagi popularitas Oura sebagai penyedia gadget smart ring bakal tergerus. Sebab, dikabarkan Samsung juga sedang mengembangkan cincin pintar.

Bahkan menurut laporan outlet Korea, The Elec, Samsung telah menggandeng perusahaan Jepang bernama Meiko untuk memproduksi papan sirkuit cetak yang akan menggerakkan perangkat wearable baru.

Samsung sedang mengembangkan cincin pintar, wearable baru untuk memantau kesehatan foto: ouraring.com

Apalagi Samsung juga memiliki banyak sensor dan fitur kesehatan serupa pada perangkat wearable Galaxy Watch. Seperti dilaporkan MySmartPrice, Galaxy Ring diperkirakan memiliki dukungan untuk sensor EKG dan PPG. Sayangnya sampai saat ini masih sedikit informasi yang tersedia mengenai hal tersebut.

Sampai saat ini untuk penamaan gadget ini pun belum ada keterangan resmi. Kabar yang beredar, kemungkinan Samsung akan melabelkan gadget ini dengan nama Galaxy Ring. Tetapi Samsung juga memiliki merek dagang Galaxy One, Galaxy Pulse, dan Galaxy Rhythm. Namun, Galaxy Ring terdengar paling cocok.

Meski sampai saat ini belum ada keterangan resmi mengenai peranglat baru ini, tetapi jika Samsung benar-benar telah menunjuk Meiko sebagai perusahaan yang akan membantu memproduksi komponennya, sangat mungkin cincin pintar ini akan dapat diwujudkan.

(brl/red)