WhatsApp kini hadir di jam tangan pintar yang menggunakan Wear OS 3

WhatsApp kini hadir di jam tangan pintar yang menggunakan Wear OS 3

Techno.id - WhatsApp baru saja merilis aplikasi mandiri resmi pertamanya untuk Wear OS. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat berkomunikasi menggunakan teks dan audio dari jam tangan pintar.

Seperti dilaporkan laman resmi Meta, dengan hadirnya WhatsApp di jam tangan pintar, pengguna dapat memulai percakapan baru, membalas pesan dengan mengetik atau menggunakan suara, menerima panggilan, membisukan obrolan, mengirim balasan cepat, dan menyesuaikan pengaturan tanpa harus membawa ponsel yang terhubung di dekatnya.

Aplikasi WhatsApp ini kompatibel dengan jam tangan pintar yang menjalankan versi terbaru sistem operasi Google, Wear OS 3. Jam tangan pintar tersebut di antaranya Samsung Galaxy 4 dan 5, Google Pixel Watch, Fossil Gen 6, Montblanc Summit 3, dan Citizen CZ Smart Gen 2, serta TicWatch Pro 5.

Aplikasi WhatsApp untuk Wear OS ini telah dikembangkan selama berbulan-bulan. Pertama kali diungkap Google pada konferensi I/O, Mei lalu bersama dengan aplikasi baru dan aplikasi yang lebih baik lainnya dari pengembang pihak ketiga seperti Spotify dan Peloton.

Wear OS adalah platform perangkat lunak jam tangan pintar Google yang tersedia di perangkat dari berbagai merek. Diumumkan pada tahun 2021, pembaruan untuk sistem operasi ini dikembangkan bersama Samsung dan menampilkan aplikasi kesehatan Fitbit baru, termasuk versi terbaru dari aplikasi inti Google, seperti Home dan Weather.

WhatsApp mulai menguji coba aplikasi untuk Wear OS pada Maret lalu. Tangkapan layar dari aplikasi pratinjau menunjukkan bahwa menghubungkan perangkat Wear OS ke akun WhatsApp pengguna akan melibatkan pengetikan kode delapan digit pada ponsel pengguna.

Peluncuran aplikasi WhatsApp untuk Wear OS memberikan keunggulan dibanding watchOS Apple, yang saat ini tidak memiliki aplikasi WhatsApp asli. Pengguna Apple Watch hanya dapat melihat dan merespons pesan yang masuk melalui notifikasi dari iPhone mereka, tetapi tidak dapat memulai percakapan atau melakukan panggilan melalui WhatsApp di jam tangan pintar mereka.

Perusahaan induk WhatsApp, Meta juga berencana menghadirkan WhatsApp ke lebih banyak perangkat. Kehadiran aplikasi WhatsApp Wear OS menyusul pengumuman Meta pada April lalu bahwa mereka akan mempermudah penggunaan satu akun WhatsApp di beberapa perangkat.

(brl/red)