Apple dikabarkan mendesain ulang tampilan antarmuka Apple Watch

Apple dikabarkan mendesain ulang tampilan antarmuka Apple Watch

Techno.id - Apple dikabarkan sedang merancang ulang antar muka WatchOS. Kabarnya, desain antarmuka terbaru tersebut akan terpasang di WatchOS versi terbaru.

Pembaruan antarmuka WatchOS terbaru akan lebih fokus pada widgets. Dilansir dari bloomberg, perancangan ulang pada antarmuka tersebut akan menjadikan widget sebagai bagian penting dari WatchOS. Pembaruan antarmuka ini juga akan mengubah cara penggunaan Apple Watch.

Apple saat ini sedang mencoba untuk kembali menjadikan widget sebagai bagian utama dari antarmuka Apple Watch. Antarmuka terbaru ini akan menggabungkan system widgets pada WatchOS lama dan mengambil gaya dari widgets yang terdapat pada iOS 14. Jadi nantinya pengguna bisa memilih widget yang mereka inginkan.

Sebagai gambaran, tampilan terbaru WatchOS tersebut dikabarkan mirip dengan watch face Siri pada WatchOS 4 yang rilis pada 2018 lalu. Perbedaannya, antarmuka ini akan tersedia sebagai sebuah overlay di atas semua watch face. Antarmuka terbaru ini juga dikabarkan akan mirip dengan widgets stacks pada iOS ataupun iPadOS.

Apple dikabarkan mendesain ulang tampilan antarmuka Apple Watch foto: discussion.apple

WatchOS terbaru tersebut juga dikabarkan akan mengganti fungsi dari salah satu tombol pada Apple Watch. Apple sedang menguji penggantian fungsi tombol Digital Crown di Apple Watch. Saat ini, tombol tersebut berfungsi untuk membuka home screen. Pada versi terbaru WatchOS nanti, tombol tersebut kemungkinan akan digunakan untuk membuka widgets.

Pembaruan antarmuka pada WatchOS ini tentunya akan berdampak besar pada Apple Watch dan bagaimana pengguna menggunakan perangkat ini. Hal tersebut adalah pada aspek kemudahan penggunaan Apple Watch.

Antarmuka terbaru tersebut dikabarkan akan dipasangkan pada WatchOS 10. Kabarnya WatchOS 10 akan dirilis pada WWDC 2023 mendatang berbarengan dengan produk baru Apple lain semisal Macbook Air baru ataupun iOS 17.

Magang : Nabiel Mumtaz Zaydane Firdaus

(brl/red)