Robot origami kecil ini berlari dengan cara melipat tubuhnya

Robot origami kecil ini berlari dengan cara melipat tubuhnya

Techno.id - Sewaktu kecil apakah Anda pernah bermain kertas lipat? Ya, semua orang pasti menyukai permainan melipat kertas. kalau di negara Jepang permainan ini disebut dengan origami. Biasanya origami dibuat dari kertas berbentuk segi empat kemudian dilipat menjadi suatu bentuk yang indah dan unik. Kini, origami telah dikembangkan menjadi sebuah robot dengan kemampuan unik.

Para peneliti dari (MIT) Massachusetts Institute of Technology telah menciptakan sebuah robot yang mirip sekali dengan origami. Namun, bedanya hanya bentuk dari robotnya yang kecil, seperti yang dilaporkan Boingboing (29/5/15).

Robot ini memiliki struktur tubuh yang unik. Tubuhnya terbuat dari magnet dan lapisan PVC. Lapisan PVC inilah yang membuat robot ini bisa berjalan, bahkan berjalan di atas permukaan air. Bagaimana hal itu bisa terjadi? Lapisan PVC pada robot ini akan berkontraksi apabila dipanaskan. Nah, kontraksi dari robot origami terlihat seperti gerakan melipat yang mampu membuatnya bergerak maju.

Anda bisa melihat sendiri pada video yang memperlihatkan gerak lincahnya setelah dipanaskan. Selain dipanaskan, Anda juga dapat membuat robot ini berkelak-kelok sesuai keinginan Anda yaitu dengan medan magnet. Jadi, medan magnet berfungsi untuk mengendalikan pergerakan dari robot ini.

(brl/red)