Robot penyelamat ini terinspirasi dari kehebatan semut api

Techno.id - Apakah Anda pernah digigit semut api? Jika pernah, Anda pasti akan merasakan sakit yang luar biasa. Ya, serangga dengan warna coklat kemerahan ini akan menyengat siapa saja yang dianggap mengganggu mereka. Namun, tahukah Anda jika semut api ini telah menginspirasi para ilmuwan untuk menciptakan robot penyelamat?

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Experimental Biology telah meneliti kemampuan semut api dalam membangun terowongan yang kokoh di berbagai jenis tanah. Para peneliti tersebut menggunakan CAT scan untuk melihat bagaimana semut membangun rumah mereka dalam bentuk 3D, seperti dikutip dari Popsci (8/5/2015).

Dalam pengamatan para peneliti, telah ditemukan bahwa semut mampu menggali tanah dengan cepat. Semut-semut yang berkoloni dalam jumlah besar itu menggunakan air di dalam tanah untuk membuat jalan akses bagi mereka. Lalu, bagaimana mereka mengeluarkan tanahnya? Ternyata, semut-semut itu membentuk tanah seperti bola agar mudah dikeluarkan dari dalam tanah.

Para ilmuwan sangat mengagumi cara semut api dalam membuat terowongan di dalam tanah. Dari kemampuan semut tersebut diharapkan robot penyelamat juga dapat meniru keahlian semut dalam membuat jalan atau terowongan untuk menyelamatkan korban bencana alam seperti gempa bumi atau tanah longsor.

Robot dengan keahlian membuat terowongan ini begitu penting, karena kebanyakan korban yang tertimpa reruntuhan itu tak tertolong akibat penyelamat tidak memiliki akses masuk untuk membantu mereka. Sehingga, robot ini akan ditugaskan untuk membuat jalan masuk agar penyelamat bisa menolong korban dengan cepat.