Robot terapi untuk pasien cedera lengan dan tulang belakang

Robot terapi untuk pasien cedera lengan dan tulang belakang

Techno.id - Biasanya rehabilitasi untuk cedera lengan hanya difokuskan pada lengan yang sakit saja. Namun, para peneliti mengungkapkan bahwa sebaiknya pemulihan untuk cedera tulang dilakukan pada kedua lengan sekaligus agar pasien dapat memulihkan kinerja kedua lengannya dengan sempurna seperti sedia kala. Hal ini ternyata juga dibenarkan oleh peneliti di Cockrell School of Engineering, University of Texas di Austin yang mengatakan pemulihan dua lengan merupakan terapi yang baik bagi pasien cedera lengan.

Para peneliti ini mengembangkan robot bernama Harmony yang khusus bertugas memulihkan dua lengan yang cedera serta memberikan terapi kepada pasien dengan cedera saraf dan tulang belakang. Harmony telah dikembangkan sejak tahun 2011 oleh peneliti bernama Ashish Deshpande dari teknik mesin dan mahasiswa pascasarjana dari laboratorium Rehabilitation and Neuromuscular Robotics.

Mereka menciptakan Harmony untuk menyediakan terapi penuh pada tubuh bagian atas dengan tingkat gerak alami. Sehingga pasien dapat belajar bagaimana melakukan aktivitasnya sendiri seperti makan dan berpakaian sendiri, seperti dikutip dari Gizmag (4/5/2015).

Robot yang terlihat kokoh dan besar ini ternyata begitu ringan dengan tekanan yang lembut pada tubuh. Harmony membantu menyembuhkan gerakan lengan dan sendi pada bahu dengan irama scapulohumeral yang merupakan gerak rotasi dari lengan atas, bahu, dan tulang belakang yang penting bagi stabilitas sendi jangka panjang.

Selain itu, robot ini mempunyai sensor yang dirancang untuk merekam data dengan tingkat kecepatan 2.000 kali per detik. Data tersebut disimpan dan digunakan perangkat lunak Harmony untuk memodifikasi sistem robot yang berinteraksi dengan pasien. Nantinya, data yang dimiliki Harmony ini digunakan tim medis dalam memberikan penanganan yang tepat pada pasien.

Para peneliti berharap agar Harmony bisa digunakan untuk mempercepat pemulihan pasien dengan memberikan stimulasi untuk memerangi kebosanan dan memberikan motivasi selama sesi pemulihan. Rencananya robot ini akan segera dipekerjakan pada bulan Juni mendatang.

(brl/red)