MIT kembangkan robot Cheetah yang bisa melompati rintangan

MIT kembangkan robot Cheetah yang bisa melompati rintangan

Techno.id - Salah satu hewan mamalia tercepat di darat adalah Cheetah. Cheetah disinyalir mampu berlari dari kecepatan 0 Km per jam sampai 96 Km per jam hanya dalam waktu tiga detik. Nah, nampaknya kekuatan yang dimiliki Cheetah telah menginspirasi peneliti di (MIT) Massachusetts Institute of Technology untuk menciptakan sebuah robot Cheetah 2 yang mengagumkan.

Robot Cheetah memiliki kelebihan pada pendeteksian objek kemudian melompati objek tersebut. Ini termasuk robot yang luar biasa karena robot Cheetah dapat menentukan tinggi objek dan melompat dengan mudah layaknya hewan Cheetah aslinya, seperti disadur dari Cnet (29/5/15).

Robot yang mempunyai ukuran seperti Cheetah sungguhan ini telah diuji pada treadmill di gym. Pengujian yang dilakukan robot Cheetah 2 menggunakan rintangan setinggi 0.46 meter atau sekitar setengah dari tinggi robot tersebut. Hasilnya cukup mengesankan, robot Cheetah mampu berlari dengan kecepatan 8 Km per jam. Memang terlihat pelan, namun pergerakkan kaki saat melangkah itu sungguh mirip dengan Cheetah yang asli.

MIT menunjukkan kehebatan robotnya pada sebuah video berdurasi sekitar satu menit. Video tersebut menunjukkan betapa tangkasnya robot Cheetah berlari dan melompati rintangan di depannya.

(brl/red)