NASA akan 'menangkap' alien dengan robot belut

NASA akan 'menangkap' alien dengan robot belut

Techno.id - NASA nampaknya selalu penasaran dengan kehidupan alien. Bahkan, mereka kali ini lebih serius untuk mencari alien hingga ke planet lain. NASA kemungkinan akan menjelajahi semua planet dengan sebuah robot lunak yang berbentuk seperti belut. Lalu, apa alasan dipilihnya robot belut?

Belut bisa dikatakan lebih gesit ketika bergerak di dalam air. Nah, robot ini nantinya akan ditugaskan untuk mencari alien di planet yang memiliki kadar air melimpah, seperti Europa. Planet dengan sumber air yang banyak dipercaya NASA sebagai sarang persembunyian para alien.

Ketika robot sedang berada di dalam air pastinya akan menyulitkan untuk mendapatkan energi dari matahari. Oleh sebab itu, para ilmuwan memasang antena pendek di punggungnya untuk menghasilkan listrik dari perubahan medan magnet sekitar.

Menurut laporan Engadget (9/5/2015), robot berbentuk belut ini merupakan salah satu dari 15 proposal untuk studi tahap I dari NASA Innovative Advanced Concepts (NIAC). Pada tahap pertama ini setiap proposal diberikan pendanaan sebesar Rp 1,3 miliar. Apabila konsep robot ini berjalan lancar, maka akan dilanjutkan pada tahap kedua dengan pendanaan sekitar Rp 6,5 miliar.

(brl/red)