Pengguna Instagram di Indonesia sudah bisa sawer kreator reels dengan gift, ini cara menerapkannya

Pengguna Instagram di Indonesia sudah bisa sawer kreator reels dengan gift, ini cara menerapkannya

Techno.id - Instagram secara resmi memiliki fitur monetasi bernama Gift (hadiah). Fitur ini memungkinkan pengguna memberikan hadiah virtual berupa stiker untuk para kreator Instagram Reels. Gift tersebut juga bisa diartikan sebagai bentuk saweran untuk para kreator.

Kegiatan memberikan sawer untuk para kreator konten menjadi sebuah tanda apresiasi dari para penggemarnya. Bahkan dengan nyawer, kreator akan lebih semangat menyajikan tayangan lebih menarik ke followers-nya. Nah, dengan fitur Gift, pengguna Instagram dapat menyawer kreator Reels secara unik dan seru.

Dari pantauan Techno.id, fitur gift diwujudkan dengan sebuah ikon kado. Ikon tersebut mempunyai keterangan send gift. Letaknya ada di sebelah kiri bawah di atas username pengguna dalam konten Reels kreator.

Pengguna Instagram di Indonesia sudah bisa sawer kreator reels dengan gift, ini cara menerapkannya (Foto: about.fb.com)

Fitur gift di aplikasi Instagram diluncurkan pada November lalu. Pihak developer menjelaskan bahwa fitur gift di Instagram Reels membuat pengguna menunjukan apresiasinya terhadap para kreator favorit mereka. Kini, fitur ini sudah dapat dipakai untuk para pengguna Instagram di Tanah Air.

Seperti di ketahui, ada banyak kreator Reels Instagram Indonesia cukup popular. Tak jarang hal-hal viral mengemuka dari Reels. Bahkan banyak informasi yang inspiratif dan menghibur datang dari short video Reels.

Instagram menjelaskan gift menjadi aliran pendapatan lain di luar iklan. Karena pembuat konten harus berbagi sebagian dari pendapatan yang mereka peroleh dengan Instagram.

Sebagai informasi, untuk memberikan hadiah stiker pengguna perlu membeli dengan bintang. Untuk mendapatkan bintang tersebut, pengguna bisa isi saldo bintang dengan mengklik opsi add to balance.

Instagram menawarkan tiga opsi top up saldo bintang. Berikut rinciannya:

- 45 bintang: Rp 15.000

- 140 bintang: Rp 44.000

- 300 bintang: Rp 89.000

Pengguna Instagram di Indonesia sudah bisa sawer kreator reels dengan gift, ini cara menerapkannya (Foto: about.fb.com)

Pengguna dapat membeli bintang melalui kartu kredit/debit bank, GoPay, atau metode pembayaran lain yang biasa ada di Google Play. Apabila saldo bintang terisi, pengguna baru bisa nyawer kreator Reels dengan memberikan stiker.

Melansir dari laman Help Instagram, setiap 1 bintang dari gift yang diterima dari followers, senilai USD 0,01 atau setara Rp 154. Nantinya kreator Reels dapat menerima pembayaran bila hadiah telah mencapai batas minimal withdraw sebesar USD 25 atau setara Rp 386.000.

Namun fitur gift baru bisa dinikmati para kreator asal AS yang telah memenuhi syarat. Para kreator Tanah Air sayangnya belum bisa menikmati hasil gift dari fans. Namun pengguna Instagram sudah dapat mengirimkan hadiah virtual kepada kreator Reels.

(brl/red)