Microsoft Teams versi terbaru resmi diluncurkan, ini perbedaan dari versi lama

Microsoft Teams versi terbaru resmi diluncurkan, ini perbedaan dari versi lama

Techno.id - Microsoft memperkenalkan versi terbaru aplikasi Microsoft Teams. Versi terbaru ini memiliki perbedaan yang sangat signifikan dari sebelumnya, lebih cepat, lebih sederhana, fleksibel, dan lebih ringan.

Dilansir Microsoft.com, hal ini dicapai dengan melakukan perubahan menyeluruh pada platform yang menjadi dasar Microsoft Teams. Dengan demikian, tim pengembang dapat melakukan penyesuaian data, jaringan, dan chat. Selain itu, tim pengembang juga melakukan optimisasi pada arsitektur video untuk meningkatkan performa dan juga kecepatan.

Dilansir techcommunity.microsoft.com, setidaknya terdapat beberapa hal yang meningkat dari Microsoft Teams versi sebelumnya. Microsoft Teams terbaru ini dua kali lebih cepat saat dibuka dan ketika masuk dalam meeting. Selain itu, Microsoft Teams versi terbaru ini juga menggunakan memori lebih sedikit dari sebelumnya, sekitar 50%.

Microsoft Teams versi terbaru resmi diluncurkan, ini perbedaan dari versi lama (Foto: microsoft.com)

Microsoft Teams terbaru ini juga memiliki desain yang lebih sederhana. Perubahan ini dilakukan sebagai upaya untuk menyediakan pengalaman yang lebih sederhana namun tetap kaya fitur. Perubahan ini seperti notifikasi yang lebih baik, pencarian informasi yang lebih sederhana, mengorganisir pesan, dan masih banyak lagi.

Microsoft juga mengklaim Microsoft Teams terbaru ini lebih fleksibel. Perubahan ini didasari adanya pengguna yang menggunakan lebih dari satu akun. Maka dari itu, Microsoft melakukan peningkatan pada model autentikasi, sinkronasi, dan sistem notifikasi.

Berbagai peningkatan tersebut mampu memberikan pengalaman penggunaan yang lebih baik. Contoh dari pembaruan ini adalah dapat berpindah dari setiap akun tanpa harus melakukan log out terlebih dahulu.

Microsoft Teams versi terbaru resmi diluncurkan, ini perbedaan dari versi lama (Foto: microsoft.com)

Fitur berbasis AI juga turut dibenamkan dalam versi terbaru Microsoft Teams ini. Saat ini, fitur AI untuk Microsoft 365 yaitu Copilot sudah hadir dalam Microsoft Teams. Hadirnya Copilot dalam Microsoft Teams tentunya memberikan banyak keuntungan. Salah satunya membantu pengguna dalam melakukan pekerjaan. Misalnya menjelaskan sebuah hal sebelum mengikuti meeting dan menjawab pertanyaan dalam diskusi.

New Microsoft Tams saat ini masih tersedia dalam bentuk public preview untuk pengguna komersial Windows yang terdaftar dalam public preview program. Microsoft berencana merilis Microsoft Teams secara menyeluruh akhir tahun ini.

Magang : Nabiel Mumtaz Zaydane Firdaus

(brl/red)