Microsoft rilis Bing edisi terbaru, dibekali chatbot AI mirip ChatGPT

Microsoft rilis Bing edisi terbaru, dibekali chatbot AI mirip ChatGPT

Kemampuan Bing

Microsoft rilis Bing edisi terbaru, dibekali chatbot AI mirip ChatGPT

foto: bing.com/new

Teknologi AI yang diterapkan dalam Bing terbaru merupakan kecanggihan yang sama untuk sistem pengoperasian ChatGPT. Melansir dari blog resmi Microsoft, mereka menyebutkan bahwa Bing menggunakan teknologi AI terbaru, dan merujuk ke teknologi buatan OpenAI.

"Hari ini kami meluncurkan Bing dan Edge yang ditenagai dengan berbagai teknologi AI baru. Hal ini bertujuan untuk mempermudah pengguna mencari segala sesuatu di internet," tulis Chairman dan CEO Microsoft, Satya Nadella,

Microsoft menjelaskan bahwa Bing terbaru telah dilengkapi dengan chatbot. Teknologi chatbot tersebut dapat digunakan dalam dua konfigurasi. Pertama, chatbot Bing bakal hadir di sebelah kanan dalam laman hasil pencarian di bing. Dalam konfigurasi ini, chatbot berfungsi sebagai asisten untuk membantu pengguna menelusuri informasi lebih lanjut terkait apa yang sedang pengguna cari.

Microsoft rilis Bing edisi terbaru, dibekali chatbot AI mirip ChatGPT

foto: bing.com/new

Kemudian konfigurasi kedua, tampilan dari chatbot Bing mirip dengan ChatGPT. Namun di dalam Bing, hasil pencarian akan menampilkan footnote atau sumber dari hasil pencarian. Bahkan tampilan terkesan lebih bersih dibandingkan dengan ChatGPT. Dalam konfigurasi ini pengguna bisa memasukkan berbagai pertanyaan untuk mencari berbagai informasi yang diperlukan. Mirip interface dari ChatGPT milik OpenAI.

Secara teknis, Bing edisi terbaru ini menggunakan teknologi GPT 3.5. Teknologi tersebut merupakan model AI yang juga dipakai oleh OpenAI dalam ChatGPT.

Apabila sobat techno bertanya, mengapa hal tersebut bisa dilakukan? Jawabannya karena Microsoft merupakan salah satu perusahaan yang mendanai pengembangan OpenAI. Bahkan kerja sama mereka telah berlangsung selama beberapa tahun terakhir, dan tetap berlanjut untuk beberapa tahun kedepan.

Kendati menggunakan teknologi yang sama, Microsoft mengklaim bahwa Bing versi terbaru jauh lebih canggih. Terbukti Bing dapat memberikan jawaban terbaru dan informasi lebih detail.

Masih tersedia secara terbatas.

Untuk saat ini, Microsoft belum memberikan versi penuh Bing dengan teknologi AI ke publik. Platform Bing ini masih menggunakan edisi terbatas, untuk beberapa versi dekstop saja. Microsoft juga belum memberikan informasi secara pasti kapan Bing dapat digunakan secara luas.

Microsoft rilis Bing edisi terbaru, dibekali chatbot AI mirip ChatGPT

foto: bing.com/new

Meski demikian, pengguna bisa menjajal Bing versi baru dengan mengunjungi situs resmi Bing melalui peramban yang digunakan. Microsoft juga menambahkan bahwa Bing versi baru bakal bisa dipakai secara luas. Bahkan terdapat versi untuk menunjang perangkat mobile.

Terapkan teknologi AI untuk Edge.

Seperti diketahui, Microsoft memiliki platform peramban yaitu Edge. Microsoft tak hanya menambahkan teknologi ke Bing saja, namun mereka juga memberikan penambahan teknologi AI ke Edge. Ada dua fitur AI yang diterapkan, yaitu Chat dan Compose.

Fitur CHat dapat digunakan pengguna untuk melihat inti dari sebuah artikel yang dibaca. Sedangkan untuk Compose memungkinkan pengguna membuat sebuah teks berdasarkan topik yang sedang ditelusuri di internet.

Kedua fitur ini akan tersedia Edge Sidebar. Pengguna cukup mengakses menu vertikal yang ada di sebelah kanan tampilan Microsoft Edge. Namun sayangnya, Microsoft belum memberikan keterangan lebih lanjut mengenai kapan fitur ini bisa digunakan secara luas.

Bagi sobat techno yang ingin melihat kemampuan Bing versi terbaru, bisa mengunjungi situs resmi di bing.com/new. Di dalamnya kamu juga bisa mendaftar untuk menunggu waitlist agar mendapatkan Bing lebih secara lebih awal.

(brl/guf)