Open AI umumkan ChatGPT API bakal masuk waitlist, ini penjelasan lengkapnya

Open AI umumkan ChatGPT API bakal masuk waitlist, ini penjelasan lengkapnya

Techno.id - Nama Open AI yang belakangan ini kerap muncul di berbagai platform media sosial mendapat perhatian banyak orang. Bukan tanpa alasan, Open AI yang secara resmi telah merilis ChatGPT membuat seantero dunia geger dengan teknologi canggih yang diperkenalkannya. Bahkan belum lama ini Open AI kembali merilis ChatGPT Plus yang merupakan pembaruan dan penyempurna ChatGPT reguler.

Tak sampai disitu, Open AI bahkan secara resmi mengumumkan ChatGPT API yang merupakan versi baru lagi dari ChatGPT family. Apa itu ChatGPT API? Jika melirik kata API pada bagian belakang nama AI tersebut, sebagian besar orang tentu sudah bisa menebak bahwa ChatGPT API merupakan salah satu program yang biasa digunakan untuk keperluan coding.

Open AI umumkan ChatGPT API bakal masuk waitlist, ini penjelasan lengkapnya foto: community.openai.com

Application programming interface atau yang biasa disingkat API merupakan salah satu kemajuan teknologi yang mempermudah komunikasi antara pengguna dengan perangkat yang dipakai. Kini Open AI mengumumkan secara resmi ChatGPT API yang akan masuk ke dalam waitlist.

Jika melirik laman resminya, ChatGPT API memang ditujukan untuk mempermudah keperluan setiap orang yang menggeluti dunia pemrograman. Sebagai sebuah kecanggihan dengan basis komputer, ChatGPT API tentu akan menawarkan beberapa perubahan yang membuatnya menarik untuk ditunggu. Bahkan secara resmi Open AI membuat sebuah forum tersendiri yang ditujukan untuk berdiskusi secara lebih detail mengenai ChatGPT API.

Developer Advocate (Open AI Staff) ChatGPT API, Logan Kilpatrick menjelaskan bahwa ChatGPT API merupakan versi update dan terbaru dari ChatGPT.

Open AI umumkan ChatGPT API bakal masuk waitlist, ini penjelasan lengkapnya foto: community.openai.com

Kami telah belajar banyak hal dari penelitian yang telah dilakukan sebelumnya melalui ChatGPT dan telah melakukan pembaruan penting berdasarkan masukan dari setiap pengguna. ChatGPT akan segera menjadi API bagi kami dan penyedia layanan Microsoft Azure Open AI, ujarnnya seperti dilansir laman resmicommunity.openai.com.

Postingan tersebut direspons secara positif oleh banyak orang yang menunggu kehadiran ChatGPT API. Bukan tanpa alasan, mengingat pesatnya perkembangan Open AI dalam merilis ChatGPT series tentu membuat banyak pihak menjadi penasaran akan seperti apa ChatGPT API yang mereka rilis.

Open AI umumkan ChatGPT API bakal masuk waitlist, ini penjelasan lengkapnya foto: community.openai.com

Jika diambil kesimpulan, bisa dibilang ChatGPT API akan jadi sebuah AI yang ditunggu-tunggu kehadirannya. Bahkan beberapa orang dalam postingan yang ada telah menanyakan secara gamblang berapa ongkos yang perlu dikeluarkan agar bisa menikmati ChatGPT API.

Meski masih masuk ke dalam waitlist, namun mengingat banyaknya antusias para pengguna, kemungkinan besar ChatGPT API akan segera dirilis. Namun seperti ChatGPT Plus yang mana masih belum bisa digunakan secara merata, ChatGPT API mungkin akan sama seperti AI tersebut.

(brl/red)