Mengenal cara kerja pengisian nirkabel terbalik, berbagi daya sesama smartphone   

Mengenal cara kerja pengisian nirkabel terbalik, berbagi daya sesama smartphone   

Techno.id - Mungkin kini sudah lazim menggunakan pengisi daya nirkabel pada smartphone. Biasanya fitur ini terdapat pada perangkat kelas premium. Namun kini ada teknologi berbagi daya sesama smartphone yang disebut pengisian nirkabel terbalik, apa itu?

Ini adalah fitur yang telah masuk ke banyak ponsel premium, dan memiliki banyak nama. Ada yang menyebut "berbagi baterai", "berbagi daya", dan bahkan "berbagi daya nirkabel". Terlepas dari namanya, berikut penjelasan dan cara kerja pengisian daya nirkable terbalik.

Cara kerja pengisian nirkabel terbalik

Mengenal cara kerja pengisian nirkabel terbalik, berbagi daya sesama smartphone foto: freepik/dbenitostock

Pengisian daya nirkabel, juga dikenal sebagai pengisian induktif. Ini adalah kemampuan mengisi daya perangkat menggunakan induksi elektromagnetik melalui dua kumparan logam. Untuk ponsel cerdas, satu kumparan ada di pengisi daya nirkabel, dan yang lainnya ada di bagian belakang ponsel pengguna.

Nah pengisian daya nirkabel terbalik memungkinkan ponsel kamu mengirimkan daya kembali dengan cara yang sama seperti saat digunakan, sehingga kamu dapat mengisi daya perangkat lain.

Cara melakukannya dengan meletakkan perangkat kedua, seperti ponsel lain atau sepasang earbud bertenaga baterai, di bagian belakang ponsel kamu. Ini adalah salah satu cara tersembunyi untuk mengisi daya telepon secara nirkabel.

Syaratnya, kedua perangkat harus memiliki kumparan logam, atau dengan kata lain, kedua perangkat harus mampu melakukan pengisian daya nirkabel. Kamu tidak dapat menggunakan pengisian daya nirkabel terbalik untuk memberi daya pada perangkat yang harus dicolokkan untuk mengisi daya.

Cara menggunakan pengisian nirkabel terbalik

Kamu perlu mengaktifkan pengisian daya nirkabel terbalik secara manual sebelum dapat menempelkan ponsel lain ke bagian belakang ponsel kamu.

Cara mengaktifkan fitur ini berbeda-beda di setiap perangkat, dengan produsen yang berbeda menggunakan nama yang berbeda untuk fungsinya. Dalam kebanyakan kasus, kamu dapat menemukan fitur tersebut dengan melihat di bawah Pengaturan > Baterai.

Di ponsel Google Pixel, buka Pengaturan > Baterai > Berbagi Baterai dan tekan sakelar.

Sebaliknya, pada Motorola Edge+, fitur ini ditemukan dengan nama "Berbagi Daya." Kamu dapat mengaktifkan fitur tersebut dengan membuka Pengaturan > Baterai > Berbagi Daya.

Sementara itu, pengisian nirkabel terbalik dikenal sebagai Wireless PowerShare pada perangkat Samsung Galaxy. Di iPhone 15 atau versi lebih baru, cari sakelar untuk mengaktifkan pengisian daya nirkabel terbalik setelah membuka fitur Pengaturan > Baterai > Pengisian Daya Nirkabel.

Terlepas dari ponsel mana yang kamu gunakan, fitur ini bekerja dengan cara yang sama. Balikkan ponsel kamu menghadap ke bawah dan letakkan ponsel lain (telungkup) di atas ponsel kamu.

Bagian punggung kedua ponsel harus menyentuh titik pad yang sama dengan yang harus kamu tekan agar pengisian daya nirkabel dapat dilakukan pada bantalan pengisi daya nirkabel Qi.

Pengisian daya nirkabel terbalik tidak akan berfungsi jika baterai ponsel sumber kamu turun di bawah level tertentu. Lagi pula, jarang diinginkan untuk menguras satu ponsel sepenuhnya untuk memberi daya pada ponsel lainnya.

Perangkat Pixel memungkinkan kamu mengubah level baterai ini, tetapi pabrikan lain mungkin tidak memberi tahu kamu tingkat pengisian daya yang diperlukan untuk mengaktifkan pengisian daya nirkabel terbalik.

(brl/red)