Mau masa pakai baterai ponsel cerdas Android kamu lebih awet? Coba deh 7 cara ini

Mau masa pakai baterai ponsel cerdas Android kamu lebih awet? Coba deh 7 cara ini

Techno.id - Ada banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk menghemat masa pakai baterai di ponsel Android. Sejumlah besar aplikasi dan layanan berjalan di latar belakang setiap saat yang mungkin tidak kamu perlukan, jadi sebaiknya matikan untuk selamanya.

Untuk masa pakai baterai terbaik, sebaiknya andalkan penghemat baterai ponsel dan kurangi penggunaan ponsel. Saat melakukannya, kamu mungkin juga ingin mematikan notifikasi agar kamu tidak tergoda untuk mengangkat telepon lagi dan memeriksa apa yang terjadi. Nah berikut 7 cara menambah masa pakai baterai smartphone Android.

1. Pantau aplikasi yang berperilaku buruk

Mau masa pakai baterai ponsel cerdas Android kamu lebih awet? Coba deh 7 cara ini foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Masa pakai baterai dapat menjadi masalah besar jika aplikasi tidak berfungsi seperti yang seharusnya. Ini bisa disebabkan apa saja mulai dari bug hingga fitur latar belakang agresif yang disengaja. Untuk memeriksanya, buka Pengaturan > Baterai dan perawatan perangkat > Baterai dan ketuk grafik penggunaan baterai untuk melihat aplikasi mana yang paling banyak menghabiskan daya.

Jika ada aplikasi yang tidak banyak digunakan, kamu harus mencopot pemasangannya dan memantau baterainya selama sehari untuk melihat apakah sudah membaik. Kamu juga dapat menutup paksa aplikasi dan mencobanya lagi. Jika tidak ada yang terbukti berguna, singkirkan dan beralihlah ke alternatif lain.

2. Nonaktifkan asisten Google

Mau masa pakai baterai ponsel cerdas Android kamu lebih awet? Coba deh 7 cara ini foto: freepik/jannoon028

Meskipun Asisten Google adalah alat yang berguna untuk hiburan dan bekerja, ini juga salah satu fitur Android yang terus-menerus menghabiskan energi ponsel cerdas.

Fitur tersebut mendengarkan perintah bangun, terhubung ke lokasi kamu untuk mengambil hasil kontekstual secara instan, dan banyak lagi.

Jika kamu tidak terlalu bergantung pada Asisten Google, sebaiknya tutup. Tidak mengherankan, Google belum membuat peralihan Asisten mudah dijangkau. Kamu harus melewati beberapa rintangan untuk menemukannya.

Pertama, buka aplikasi Google, ketuk gambar profil kamu, dan pilih Pengaturan. Lalu buka Asisten Google > Umum dan matikan Asisten Google. Untuk melakukannya lebih cepat, cukup beri tahu Asisten Google, Hai Google, matikan Asisten Google lalu ketuk Pengaturan Asisten, dan matikan Asisten Google dari sana.

3. Beralih ke aplikasi web ringan atau progresif

Mau masa pakai baterai ponsel cerdas Android kamu lebih awet? Coba deh 7 cara ini foto: freepik/grinvalds

Metode bagus lainnya yang tidak memerlukan banyak pengorbanan dan tetap memperpanjang masa pakai baterai ponsel cerdas adalah beralih ke aplikasi web ringan atau progresif. Ini adalah versi aplikasi yang diperkecil yang tersedia di browser.

Aplikasi versi ringan ini mengambil lebih sedikit sumber daya, tetapi kamu tidak akan kehilangan banyak hal. Kamu memiliki sejumlah aplikasi Android ringan serta aplikasi web progresif yang tersedia untuk dicoba.

4. Ubah pengaturan sinkronisasi

Mau masa pakai baterai ponsel cerdas Android kamu lebih awet? Coba deh 7 cara ini foto: freepik

Pemberitahuan itu penting. Tetapi jika Anda menganggapnya mengganggu dan membenci aliran ping yang terus-menerus, Anda harus mencoba menonaktifkan sinkronisasi otomatis sama sekali. Dengan begitu, Anda hanya akan melihat konten baru saat membuka aplikasi dan menyegarkannya secara manual.

Karena aplikasi tidak akan terus-menerus menyegarkan diri di latar belakang untuk memberi Anda informasi baru, ini juga dapat menghemat banyak masa pakai baterai. Anda dapat menonaktifkan sinkronisasi otomatis melalui Panel Pengaturan Cepat di ponsel Samsung Anda, atau cukup buka Pengaturan > Akun dan cadangan > Kelola akun dan matikan data sinkronisasi otomatis.

(brl/red)