7 Penyebab iPhone sangat lambat saat di-charge dan begini cara mudah mengatasinya

7 Penyebab iPhone sangat lambat saat di-charge dan begini cara mudah mengatasinya

Techno.id - Kamu mungkin pernah mengalami saat mengisi daya iPhone justru berjalan lambat dari biasanya. Masalahnya hampir selalu disebabkan kekurangan pada rantai pengiriman daya dan jarang sekali disebabkan tindakan pengguna atau pengaturan perangkat lunak.

Berbicara tentang faktor-faktor yang memengaruhi waktu pengisian daya iPhone yang lambat dan cara mengisi daya iPhone lebih cepat, berikut beberapa penyebabnya dan cara mengatasinya.

1. Pengisi daya atau kabel rusak

7 Penyebab iPhone sangat lambat saat di-charge dan begini cara mudah mengatasinya foto: freepik/poravute

Salah satu penyebab pengisian daya iPhone yang sangat lambat bisa disebabkan kerusakan pada adaptor pengisi daya atau kabel. Komponen pengisi daya yang tidak terawat dapat mengalami kerusakan, dan kabel dapat aus serta robek secara internal. Coba ganti pengisi daya dan kabel lain untuk mengisi daya perangkat kamu.

2. Port pengisian daya kotor

7 Penyebab iPhone sangat lambat saat di-charge dan begini cara mudah mengatasinya foto: freepik/pvproductions

Penyebab lain yang menyebabkan pengisian daya berjalan lambat bisa disebabkan port pengisian daya yang tersumbat serat dan serpihan kotoran. Segera bersihkan port pengisian daya dengan hati-hati.

3. Menggunakan pengisi daya dengan arus rendah

7 Penyebab iPhone sangat lambat saat di-charge dan begini cara mudah mengatasinya foto: freepik/user3802032

Penyebab paling umum dari pengisian daya yang lambat karena kamu menggunakan pengisi daya dengan arus rendah. Pengisi daya ponsel lama dan murah sering kali berdaya 5W pada 1A. Tetapi iPhone yang lebih baru mendukung USB Power Delivery dan dapat mengisi daya lebih cepat. Sebut saja iPhone 13 Pro Max yang mendukung hingga 30W. Segera gunakan pengisi daya dengan arus yang lebih kuat.

4. Mengisi daya iPhone secara nirkabel

7 Penyebab iPhone sangat lambat saat di-charge dan begini cara mudah mengatasinya foto: freepik/user16766420

Pengisian daya nirkabel telah menjadi fitur iPhone sejak diperkenalkannya iPhone 8 pada tahun 2017. Jadi, jika kamu pengguna iPhone lama yang menyukai pengisian daya nirkabel, fakta yang tak terhindarkan bahwa pengisian daya nirkabel lebih lambat daripada mencolokkan ponsel ke sumber daya listrik (stopkontak).

Jadi jika kamu terburu-buru untuk mengisi daya penuh, sebaiknya gunakan pengisi daya kabel khususnya dengan fitur pengisian daya cepat (fast charging).

(brl/red)