Mastodon meluncurkan aplikasi Android yang diperbarui, banyak pilihan kostumisasi

Mastodon meluncurkan aplikasi Android yang diperbarui, banyak pilihan kostumisasi

Techno.id - Sejak Elon Musk mengeluarkan pernyataan kontroversi yang membatasi visibilitas tweet dan memperkenalkan perubahan besar pada TweetDeck, Twitter seperti terkena turbulensi. Guncangan keras makin dirasakan Twitter saat Meta dalam waktu dekat akan meluncurkan Threads yang digadang-gadang sebagai pesaing Twitter.

Kini Twitter kembali menghadapi tantangan karena salah satu pesaingnya, Mastodon mulai jadi perbincangan. Maklum, platform berbasis open source yang dirilis akhir pekan lalu ini melakukan penyegaran yang cukup signifikan pada aplikasi Android-nya.

Mastodon meluncurkan aplikasi Android yang diperbarui, banyak pilihan kostumisasi foto: play.google.com

Pembaruan yang dilakukan merupakan adaptasi skala penuh dari Material You, bahasa desain Google untuk Android, termasuk perombakan beberapa fitur seperti tab bar, pengaturan, dan layar penulisan.

Pendiri dan CEO Mastodon, Eugen Rochko, mengumumkan pembaruan ini di blog Mastodon. Menurut data internal Mastodon, platform jejaring sosial yang mencakup aplikasi seluler, versi web, dan klien pihak ketiga ini sekarang memiliki basis 1,4 juta pengguna aktif bulanan atau mengalami peningkatan sebesar 19%.

Rochko baru-baru ini mengatakan bahwa pengguna aktif Mastodon melonjak sebanyak 294.000 selama akhir pekan, dengan aktivitas posting yang meningkat hampir tiga kali lipat. Hal ini dipicu masalah yang sedang dihadapi Twitter.

(brl/red)