Begini penampakan Threads, aplikasi pesaing Twitter yang bakal segera diluncurkan Meta

Begini penampakan Threads, aplikasi pesaing Twitter yang bakal segera diluncurkan Meta

Techno.id - Di tengah ramainya perbincangan mengenai cuitan bos Twitter, Elon Musk yang membatasi jumlah Tweet yang dapat dibaca oleh akun yang tidak terverifikasi per hari, Meta yang menjadi induk Facebook dan Instagram justru berencana meluncurkan Threads, saingan Twitter dalam waktu dekat.

Seperti telah diketahui bahwa Meta sejak lama membangun pesaing Twitter tersebut. Kabarnya Threads akan resmi diluncurkan pada 6 Juli 2023. Bahkan, sebuah daftar untuk aplikasi Threads telah muncul di iOS App Store. Rencana ini sejatinya sudah mencuat beberapa waktu lalu.

Seperti dilaporkan Neowin.net, pada Mei lalu sebuah laporan muncul yang mengatakan bahwa layanan microblogging ini hampir selesai dan dapat diluncurkan secepatnya pada akhir Juni. Meskipun peluncuran akhir Juni tidak jadi dilakukan, aplikasi ini bisa jadi akan diluncurkan pada saat pengguna Twitter bersemangat untuk mencoba alternatif lain.

Meta mendeskripsikan Threads sebagai aplikasi percakapan berbasis teks dari Instagram. Ini artinya Meta ingin menarik demografi Instagram yang lebih muda ketimbang Facebook yang lebih disukai orang yang lebih tua.

Jadi nantinya pengguna Instagram bisa langsung menggunakan aplikasi Threads dengan akun yang sama. Artinya, pengguna akan memiliki pengikut dan lingkaran yang sudah ada sebelumnya di aplikasi baru ini. Hal inilah yang memberikan keunggulan Threads dibanding saingan Twitter lainnya seperti Bluesky dan Mastodon.

Begini penampakan Threads, aplikasi pesaing Twitter yang bakal segera diluncurkan Meta foto: meta/apple app store

Selain itu pengguna juga dapat memilih privasi postingan mereka dan membuatnya dapat dilihat siapa saja, baik oleh profil yang mereka ikuti maupun hanya oleh akun yang mereka mention. Dari sejumlah tangkapan layar yang muncul, kontrol per posting Threads sangat mirip dengan Twitter, dengan tombol Like, Reply, Repost, dan Direct Message.

Tampaknya Threads akan berakar pada postingan teks bergaya Twitter, tetapi dengan struktur desentralisasi dari platform yang lebih baru seperti Mastodon yang memungkinkan pengguna mengatur server untuk topik, kelompok, dan minat tertentu. Pengguna dapat bergabung dengan server-server ini untuk melihat pembaruan yang dibagikan di dalamnya, seperti halnya linimasa Twitter.

Threads pasti akan terintegrasi dengan platform pesan Meta Messenger termasuk Instagram. Kemungkinan juga akan terhubung dengan program verifikasi berbayar Meta di Facebook dan Instagram. Sebelumnya, platform ini disebut Project 92 di dalam Meta.

(brl/red)