Meta bakal luncurkan fitur baru pengawasan orang tua di Facebook Messenger dan Instagram

Meta bakal luncurkan fitur baru pengawasan orang tua di Facebook Messenger dan Instagram

Techno.id - Setiap orang tua selalu ingin memantau apapun aktivitas buah hatinya di dunia maya. Apalagi bagi mereka yang sudah memasuki usia remaja, dipastikan tak akan jauh dari media sosial saat berselancar di internet.

Sebagaimana diketahui, media sosial ibarat dua mata pisau. Jika dimanfaatkan dengan baik akan berguna bagi perkembangan anak. Sebaliknya, jika digunakan sembarangan justru dapat memengaruhi kondisi fisik dan mental si anak. Karena itu dibutuhkan pengawasan terhadap anak, khususnya mereka yang memasuki usia remaja.

Alasan inilah yang membuat Facebook dan Instagram akan meluncurkan fitur kontrol orang tua terbaru. Fitur ini diklaim bisa melindungi remaja dari konten-konten negatif tanpa melanggar privasi mereka.

Fiturbaru pengawasan orang tuadi Facebook Messenger

Meta bakal luncurkan fitur baru pengawasan orang tua di Facebook Messenger dan Instagram foto: freepik.com/sitthiphong

Dengan fitur ini orang tua memiliki akses ke informasi tambahan yang akan memberi tahu mereka berapa banyak waktu yang dihabiskan anak di aplikasi ini, termasuk dengan siapa mereka berbicara, dan apakah mereka berteman dengan siapa pun yang tidak seharusnya. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan orang tua melalui fitur ini.

1. Melihat berapa banyak waktu yang dihabiskan si anak di Messenger.

2. Melihat dan menerima pembaruan pada daftar kontak Messenger serta pengaturan privasi dan keamanan si anak.

3. Mendapatkan pemberitahuan jika si anak melaporkan seseorang ketika ia membagikan informasi tersebut.

4. Melihat siapa yang dapat mengirim pesan kepada si anak (hanya teman, teman dari teman, atau tidak seorang pun) dan melihat apakah anak mengubah pengaturan ini.

5. Melihat siapa saja yang dapat melihat cerita Messenger anak dan mendapatkan pemberitahuan jika pengaturan ini berubah

Fitur-fitur ini akan diaktifkan di Amerika Serikat, Inggris, dan Kanada terlebih dahulu, dan akan diikuti negara lainnya.

Fitur baru pengawasan orang tua di Instagram

Meta bakal luncurkan fitur baru pengawasan orang tua di Facebook Messenger dan Instagram foto: freepik.com/user6613750

Instagram juga mendapatkan fitur baru Pengawasan Orang Tua sehingga orang tua dapat memahami pengalaman anak remaja mereka di aplikasi. Lewat fitur ini, si anak akan menerima pemberitahuan untuk meminta orang tua mereka mengawasi akun mereka setelah mereka memblokir seseorang.

Fitur ini sangat berguna jika seorang anak diintimidasi atau dihubungi orang dewasa secara online. Orang tua juga dapat melihat akun mana yang diikuti si anak dan siapa saja yang mengikutinya. Mereka juga akan melihat berapa banyak teman yang dimiliki si anak.

DM Instagram dengan orang asing

Meta juga menghadirkan fitur keamanan tambahan ke Instagram untuk mencegah interaksi yang tidak diinginkan. Meta dalam pengumumannya mengatakan fitur ini sudah menampilkan Pemberitahuan Keamanan ketika orang dewasa yang menunjukkan perilaku yang berpotensi mencurigakan mengirim pesan kepada anak. Selain itu, fitur ini juga membatasi orang yang berusia di atas 19 tahun untuk mengirim pesan pribadi ke anak yang tidak mengikuti mereka.

Selain itu, fitur Quiet Mode yang memblokir notifikasi akan tersedia secara global dalam beberapa minggu ke depan. Meta juga memperluas fitur-fitur seperti Take a Break milik Instagram ke Facebook. Jika remaja menghabiskan waktu 20 menit di jejaring sosial, akan muncul petunjuk yang menyarankan mereka untuk beristirahat.

(brl/red)