Korea Selatan menjadi negara pertama dengan teknologi jaringan 6G, ini faktanya

Korea Selatan menjadi negara pertama dengan teknologi jaringan 6G, ini faktanya

Techno.id - Korea Selatan secara resmi mengumumkan akan meluncurkan teknologi jaringan internet 6G, pada hari Senin waktu setempat. Mereka mengklaim, jaringan 6G yang dikembangkan menggunakan teknologi kelas dunia, jaringan seluler next-gen berbasis perangkat lunak canggih, dan dapat memperkuat rantai pasokan jaringannya. Korea Selatan berencana untuk meluncurkan layanan jaringan generasi keenam (6G) pada tahun 2028, dua tahun lebih awal dari rencana semula, untuk mengupayakan akses awal ke masa depan dominasi frekuensi radio.

Kabar mengenai jaringan 6G diungkapkan oleh Kementerian Sains dan TIK negara Ginseng tersebut. Pemerintah Korea Selatan memberikan insentif kepada pihak pengembang 6G, yaitu perusahaan lokal agar dapat memproduksi bahan, komponen, dan peralatan untuk merealisasikan program generasi lanjutan jaringan 6G.

Para stakeholders berencana memperkuat rantai pasokan untuk mendukung pengembangan jaringan tersebut. Saat ini, studi kelayakan dari teknologi inti 6G tengah berlangsung. Proyek ini ditaksir bernilai 625,3 juta won atau setara Rp 7.3 triliun.


(brl/guf)