Korea Selatan menjadi negara pertama dengan teknologi jaringan 6G, ini faktanya

Korea Selatan menjadi negara pertama dengan teknologi jaringan 6G, ini faktanya

Korea Selatan negara dengan 6G pertama

Melalui inisiatif pengembangan 6G, Korea Selatan berambisi untuk mengalahkan seluruh dunia dalam hal teknologi jaringan internet lanjutan. Sebagai informasi, Korea Selatan merupakan wilayah dengan ekonomi terbesar keempat di Asia. Mereka menyumbangkan 25,9% dari hak paten 5G pada tahun 2022. Harapannya Pemerintah Korea Selatan mampu menembus 30% lebih dalam paten 6G diantara kompetitor lainnya.

Korea Selatan menjadi negara pertama dengan teknologi jaringan 6G, ini faktanya

foto: Ithome.com

Lebih lanjut, 6G adalah teknologi nirkabel generasi keenam yang sedang dikembangkan sebagai penerus 5G. Seperti halnya generasi teknologi nirkabel sebelumnya, 6G akan memberikan peningkatan kecepatan, kapasitas, dan efisiensi jaringan nirkabel.

Beberapa karakteristik yang mungkin dimiliki oleh teknologi 6G adalah kecepatan unduhan dan unggah yang sangat cepat, latensi yang sangat rendah, kemampuan jaringan nirkabel yang lebih baik dalam mengatasi interferensi dan gangguan, dan dukungan untuk konektivitas multi-mode dan multi-frekuensi.

Selain itu, teknologi 6G juga diharapkan dapat menggabungkan teknologi yang lebih maju seperti kecerdasan buatan (AI), internet of things (IoT), jaringan sensor, dan komputasi kuantum. Teknologi ini diharapkan dapat memungkinkan pengembangan aplikasi baru seperti kendaraan otonom, sistem telemedicine, augmented reality (AR) dan virtual reality (VR), dan banyak lagi.

Melansir dari laman Gsmarena, teknologi 6G akan menyatukan dunia virtual dan realitas, ujar Zhang Yongtao, deputy general manager of Ericsson China Technology Department. Ia menyarankan bahwa 6G akan membawa komunikasi holografik dari fiksi ilmiah menjadi kenyataan.

(brl/guf)