5 Cara membuat iPhone lama kamu terasa baru kembali tanpa harus keluar budget yang besar

5 Cara membuat iPhone lama kamu terasa baru kembali tanpa harus keluar budget yang besar

Techno.id - Apakah kamu berpikir untuk membeli iPhone baru? Terkadang ponsel cerdas baru adalah pilihan yang tepat, tetapi ada juga cara yang bagus untuk memanfaatkan iPhone yang sudah kamu miliki agar terlihat baru lagi tanpa harus keluar banyak uang. Begini cara melakukannya.

1. Beli casing baru

5 Cara membuat iPhone lama kamu terasa baru kembali tanpa harus keluar budget yang besar foto: techno.id/yani andriyansyah

Untuk membuat iPhone kamu terlihat baru, cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengganti casingnya. Bisa jadi casing iPhone kamu sudah kotor, tergores, atau ada bagian cat yang terkelupas.

Maklum, karena pemakaian casing iPhone bisa cepat memudah jadi terlihat kusam. Jadi akan jauh lebih murah untuk membeli casing baru yang sesuai dengan seri iPhone kamu ketimbang membeli perangkat baru. Selain itu kamu juga bisa mengganti pelindung layar kaca temper yang mungkin sudah rusak atau terlihat kusam.

2. Bersihkan iPhone

5 Cara membuat iPhone lama kamu terasa baru kembali tanpa harus keluar budget yang besar foto: freepik/marketlan

Apakah kamu menggunakan casing atau tidak, iPhone membutuhkan pembersihan. Sebaiknya jangan terlalu sering mengeluarkan iPhone dari casingnya karena hal ini dapat membengkokkan casing, tetapi membiarkannya di tempatnya menyebabkan penumpukan kotoran. Luangkan waktu sejenak untuk membersihkan perangkat.

Kamu apat membersihkan iPhone menggunakan alkohol isopropil 70% untuk membersihkannya. Namun kamu harus menghindari menyemprotkan isopropil alkohol langsung ke iPhone. Alkohol akan membantu menghilangkan kotoran dan minyak. Ulangi prosesnya beberapa kali.

Isopropil alkohol akan menguap sehingga tidak perlu mengeringkannya. Namun kamu perlu menyekanya dengan kain lembut untuk menghilangkan sidik jari.

Kamu juga harus membersihkan port pengisian daya. Ambil tusuk gigi kayu tipis dan singkirkan bulu atau kotoran dengan hati-hati. Kabel charger mungkin juga perlu dibersihkan karena pin dapat tertutup kotoran yang dapat mencegah iPhone mengisi daya dengan benar.

3. Ganti baterai

5 Cara membuat iPhone lama kamu terasa baru kembali tanpa harus keluar budget yang besar foto: unsplash/auguras pipiras

Kapasitas baterai iPhone berkurang semakin lama kamu memilikinya, dan semakin banyak siklus pengisian daya yang dilakukan. Kamu dapat memeriksa kesehatan baterai iPhone di Pengaturan > Baterai > Kesehatan & Pengisian Daya Baterai.

Jika "Kapasitas Maksimum" turun menjadi 80% atau lebih rendah atau iPhone melaporkan bahwa kamu tidak berada pada "Kemampuan Kinerja Puncak", maka perlu diperhatikan kondisi baterainya.

Masalah lain yang dapat menunjukkan baterai yang buruk termasuk iPhone menjadi sangat panas, terutama saat mengisi daya, pengukur baterai yang berperilaku tidak menentu, sering melambat, dan tiba-tiba kehilangan daya. Kabar baiknya baterai baru relatif murah, dengan harga di kisaran Rp1,3 jutaan untuk sebagian besar model iPhone.

4. Mengubah wallpaper

5 Cara membuat iPhone lama kamu terasa baru kembali tanpa harus keluar budget yang besar foto: freepik

Menggunakan wallpaper baru bisa membuat perbedaan besar. Setiap rilis iOS dilengkapi dengan satu set wallpaper baru. Misalnya pada iOS 16 membuat pengguna lebih mudah dari sebelumnya untuk bereksperimen dengan wallpaper, layar kunci, dan layar beranda tanpa mengorbankan tampilan saat ini.

Gunakan pengalih wallpaper dengan mengetuk dan menahan ruang kosong di layar kunci. Dengan menggunakan menu ini, kamu dapat dengan mudah beralih di antara tampilan dan bahkan mengatur layar kunci terpisah dan wallpaper layar beranda.

Selain daftar wallpaper Apple, disarankan untuk mempelajari cara membuat wallpaper iPhone efek kedalaman yang sempurna. Ini akan memungkinkan kamu menempatkan elemen dari gambar kamu dari waktu ke waktu untuk efek yang mencolok.

5. Perbaiki tata letak aplikasi dan widget

5 Cara membuat iPhone lama kamu terasa baru kembali tanpa harus keluar budget yang besar foto: techno.id/yani andriyansyah

Beberapa pemilik iPhone kerap menggunakan tata letak layar beranda yang ditetapkan, sementara yang lain membiarkan aplikasi dan widget menumpuk. Mengubah layar beranda dari waktu ke waktu akan membantu menjaga semuanya tetap segar. Kosongkan ikon aplikasi yang tidak kamu gunakan, dan susun ulang ikon yang kamu gunakan. Ketuk dan tahan ikon hingga semuanya mulai bergoyang untuk memindahkan berbagai hal.

Apple merombak widget di iOS 17 sehingga kamu dapat melakukan lebih banyak hal dari layar beranda, termasuk mencentang item di daftar tugas. Ketuk dan tahan di mana saja di layar beranda, lalu ketuk ikon "+" plus di pojok kiri atas untuk menambahkan beberapa widget. Ingat, kamu tidak membutuhkan semua aplikasi di layar beranda. Buat layar beranda yang hanya berupa widget.

(brl/red)