5 Cara membuat tampilan layar tablet Android layaknya desktop, jadi serasa pakai laptop

5 Cara membuat tampilan layar tablet Android layaknya desktop, jadi serasa pakai laptop

Techno.id - Setiap kali memerlukan draf dokumen, pengeditan video, atau kumpulan data untuk dianalisis, pengguna biasanya lebih sering akan menggunakan laptop atau desktop untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Sangat masuk akal sih. Sebab komputer adalah perangkat produktivitas terbaik.

Dibanding perangkat selular, laptop atau desktop memiliki layar yang lebih lebar untuk membantu kamu melakukan banyak tugas. Termasuk aplikasi yang ada juga menyertakan fungsionalitas yang diperluas untuk merampingkan pekerjaan. Selain itu bantak pengguna merasa lebih nyaman menggunakan keyboard dan mouse daripada layar sentuh, terutama untuk mengetik dan mengedit artikel.

Tetapi dalam hal portabilitas, tablet tidak diragukan lagi merupakan pilihan yang lebih baik. Bahkan dengan laptop yang semakin ramping dan ringan, banyak pengguna saat ini lebih suka membawa tablet karena masih lebih kecil.

5 Cara membuat tampilan layar tablet Android layaknya desktop, jadi serasa pakai laptop foto: techno.id/yani andriyansyah

Bentuknya menghemat banyak ruang di dalam tas. Plus, dengan aplikasi dan pembaruan perangkat lunak, kini pengguna dapat mengubah tablet Android mereka menjadi laptop dan mendapatkan pengalaman seperti menggunakan desktop.

Meski begitu, tablet tetap tidak akan mengalahkan kinerja desktop. Tetapi apa yang bisa kamu dapatkan adalah alternatif yang sangat baik untuk menyelesaikan tugas saat kamu jauh dari tempat kerja. Berikut cara mengubah tablet Android layaknya desktop.

1. Gunakan mode desktop bawaan tablet

5 Cara membuat tampilan layar tablet Android layaknya desktop, jadi serasa pakai laptop foto: samsung

Beberapa produsen tablet Android hadir dengan mode desktop bawaan yang mengubah perangkat menjadi sesuatu yang menyerupai komputer. Untuk tablet Samsung, ini disebut DeX. Ini pada dasarnya memberi tablet antarmuka dan fungsionalitas seperti Windows. Kamu mendapatkan bilah tugas di bagian bawah, lengkap dengan menu dan aplikasi di tengah (untuk DeX Baru) atau kontrol menu, pencarian, dan navigasi di paling kiri, aplikasi di tengah, dan baki sistem di paling kanan (untuk DeX Klasik).

Hal hebat lainnya tentang DeX adalah dapat membuka aplikasi di jendela mengambang yang kemudian dapat kamu ubah ukurannya, maksimalkan, perkecil, sematkan ke depan, dan bahkan ubah transparansinya. Untuk mengaktifkan DeX, cukup geser ke bawah dari atas layar dan ketuk DeX dari Pengaturan Cepat. Jika kamu lebih suka menggunakan DeX versi klasik, navigasikan ke Pengaturan > Perangkat yang Terhubung. Pilih Klasik, lalu tekan Mulai DeX untuk beralih ke mode DeX.

Sementara Tablet Lenovo menyertakan fitur serupa yang disebut Mode PC, sebelumnya Mode Produktivitas. Fitur ini tersedia pada model yang lebih baru seperti P11, P12, dan Legion Y700. Mode PC juga menyerupai antarmuka Windows dengan bilah tugas yang sudah dikenal di bagian bawah.

Seperti DeX, fitur ini meluncurkan aplikasi di jendela yang dapat diubah ukurannya dan memungkinkan kamu meminimalkan, memaksimalkan, dan menutup jendela tersebut. Untuk mengaktifkan Mode PC, ketuk Mode PC di Pengaturan Cepat atau buka Pengaturan > Fitur lanjutan > Mode PC.

2. Ubah peluncur aplikasi

5 Cara membuat tampilan layar tablet Android layaknya desktop, jadi serasa pakai laptop foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Jika tablet Android kamu tidak memiliki mode desktop bawaan dalam bentuk apa pun, kamu cukup memasang peluncur baru untuk mendapatkan pengalaman seperti PC di perangkat. Ada sejumlah peluncur Android yang terinspirasi Windows dan macOS di Google Play Store yang dapat melakukan hal itu, dan sebagian besar gratis untuk diunduh dan digunakan.

Salah satu pilihan yang populer adalah Win 11 Launcher. Seperti namanya, ini terlihat seperti desktop khas Windows 11. Tepat di bilah tugas adalah menu Mulai, Chrome, Pesan, dan Telepon. Kamu juga dapat menemukan baki sistem di ujung kanan bilah tugas, yang menampilkan kalender dan Pusat Pemberitahuan yang mirip dengan Windows. Selain itu, Win 11 Launcher menampilkan pengelola file yang menyerupai antarmuka Windows File Explorer.

Bagi kamu yang lebih menyukai estetika macOS, XOS Launcher 12 adalah alternatif yang bagus. Ini termasuk Dok di bagian bawah layar, tempat kamu dapat menambah dan menghapus aplikasi sesuai kebutuhan. Ikonnya juga mencerminkan ikon di komputer Mac, seperti Pengaturan (untuk pengaturan peluncur), Finder (berfungsi sebagai laci aplikasi), dan jam. Kamu bebas mengubah gaya font dan ikon di peluncur dan bahkan menambahkan aplikasi baru ke layar beranda untuk kenyamanan.

Untuk menggunakan peluncur ini di tablet Android, yang perlu kamu lakukan hanyalah menginstal aplikasi pilihan dari Google Play Store. Setelah selesai, buka layar beranda dan pilih peluncur yang baru kamu instal. Pastikan untuk mengaturnya sebagai peluncur default.

3. Tambahkan bilah tugas (taskbar)

5 Cara membuat tampilan layar tablet Android layaknya desktop, jadi serasa pakai laptop foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Mengganti peluncur sama sekali mungkin terlalu berlebihan, terutama jika kamu sudah menyukai tampilan layar beranda saat ini. Dalam hal ini, gunakan aplikasi Bilah Tugas sebagai gantinya.

Tambahkan bilah tugas seperti Windows ke tablet tanpa mengubah tata letak dan fungsionalitas layar beranda secara drastis. Plus, tidak seperti bilah tugas di sebagian besar peluncur, bilah tugas ini tetap ada dan tidak hilang bahkan saat kamu membuka aplikasi. Berikut cara menyiapkan Bilah Tugas di tablet Android.

1. Instal Bilah Tugas dari Google Play Store.

2. Buka Pengaturan (pengaturan sistem tablet, bukan pengaturan aplikasi).

3. Navigasikan ke Aplikasi > Lihat semua aplikasi > Bilah Tugas.

4. Berikan izin aplikasi untuk ditampilkan di atas aplikasi lain dan ubah pengaturan sistem.

5. Luncurkan Bilah Tugas.

6. Konfigurasikan tampilan dan perilaku bilah tugas berdasarkan preferensi kamu.

7. Aktifkan bilah tugas di bagian atas

8. Untuk menyematkan aplikasi ke bilah tugas, buka menu Mulai, tekan lama aplikasi, dan pilih Sematkan ke terbaru.

(brl/red)