Cara membuat, menggunakan, dan mengelola passkey di Windows 11, lebih kebal dari kejahatan phishing

Cara membuat, menggunakan, dan mengelola passkey di Windows 11, lebih kebal dari kejahatan phishing

Techno.id - Kunci sandi (passkey) adalah alternatif untuk kata sandi (password) akun situs web atau aplikasi. Saat membuat passkey dengan situs atau aplikasi favorit, kamu dapat menggunakan metode autentikasi perangkat untuk masuk ke situs atau aplikasi tersebut.

Misalnya, dengan Windows 11, kamu dapat menggunakan fungsionalitas Windows Hello untuk masuk ke berbagai layanan. Ini berarti kamu dapat menggunakan PIN, pengenalan wajah, atau pemindaian sidik jari untuk masuk ke beberapa layanan dan aplikasi.

Passkey memiliki banyak keunggulan dibanding kata sandi. Yang utama adalah, tidak seperti kata sandi, sangat tidak mungkin untuk mencuri passkey. Keuntungan lainnya adalah passkey hampir sepenuhnya kebal terhadap phishing. Relatif mudah untuk mengelabui manusia agar memasukkan kata sandi di situs web palsu, tetapi passkey tidak mudah dibodohi.

Banyak situs dan aplikasi popular mendukung passkey, karena ini adalah cara cepat dan nyaman untuk masuk. Beberapa layanan yang mendukung fitur ini adalah Adobe, Amazon, Apple, Google, LinkedIn, Microsoft, WhatsApp, X (sebelumnya Twitter).

Cara membuat dan menyimpan passkey ke PC Windows 11

Cara membuat, menggunakan, dan mengelola passkey di Windows 11, lebih kebal dari kejahatan phishing foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Untuk membuat dan menyimpan passkey, pertama-tama kamu harus mengunjungi situs web atau pengaturan akun aplikasi favorit. Dari sana, kamu akan membuat passkey dan kemudian menyimpannya ke PC. Begini caranya.

1. Mulailah dengan meluncurkan browser web Chrome, Firefox, Edge, atau Brave di PC. Buka situs Akun Saya Google dan masuk ke akun kamu.

2. Setelah masuk, dari bilah sisi kiri, pilih "Keamanan." Di panel kanan, gulir ke bawah ke bagian "Cara Anda Masuk ke Google" dan pilih "Kunci Sandi dan Kunci Keamanan."

3. Google kemungkinan akan meminta kamu memasukkan kata sandi akunkamu. Lakukan dan lanjutkan.

4. Saat halaman berikut terbuka, di bagian atas, klik "Buat Kunci Sandi."

5. Kamu akan melihat prompt "Keamanan Windows". Autentikasi diri kamu menggunakan PIN, pengenalan wajah, atau pemindaian sidik jari.

6. Kamu akan melihat pesan "Kunci Sandi Disimpan" yang mengonfirmasi bahwa kunci sandi untuk akun Google kamu telah dibuat dan disimpan ke PCkamu. Tutup jendela dengan memilih "OK".

Kamu telah berhasil membuat pengganti kata sandi akun Google kamu.selalu dapat membuat ulang kunci sandi yang diperlukan.

(brl/red)