Intel Core Ultra PC mendapatkan model AI yang lebih optimal, termasuk Stable Diffusion

Intel Core Ultra PC mendapatkan model AI yang lebih optimal, termasuk Stable Diffusion

Techno.id - Saat ini revolusi AI generatif sebagian besar difokuskan pada menjalankan model AI yang besar dan kompleks di pusat data server. Beberapa model AI cukup dioptimalkan untuk berjalan di komputer biasa, dan Intel membuat beberapa kemajuan mengenai hal tersebut.

Intel baru-baru ini mengumumkan bahwa sekarang ada lebih dari 500 model AI yang dioptimalkan untuk prosesor Intel Core Ultra barunya. Daftar itu kemungkinan mencakup banyak model eksperimental dan pengujian yang tidak memiliki tujuan praktis untuk sebagian besar aplikasi, tetapi ada beberapa yang besar seperti Phi-2, Meta's Lllama model, Mistral, Bert, Whisper, dan Stable Diffusion 1.5.

Intel Core Ultra PC mendapatkan model AI yang lebih optimal, termasuk Stable Diffusion foto: intel

Intel mengatakan dalam siaran pers bahwa model membentuk tulang punggung fitur perangkat lunak yang ditingkatkan AI seperti penghapusan objek, resolusi super gambar, atau ringkasan teks. Ada hubungan langsung antara jumlah model yang diaktifkan dan dioptimalkan dan luasnya fitur AI yang dihadapi pengguna.

Sebagian besar model AI tersebut dapat berjalan pada perangkat keras non-Intel, tetapi menambahkan dukungan untuk fitur perangkat keras yang lebih baru khusus untuk chip terbaru Intel membuatnya lebih praktis. Misalnya, proses pengoptimalan model AI OpenVINO mencakup penyeimbangan beban di semua unit komputasi, mengompresi model agar berjalan secara efisien di PC AI, dan mengoptimalkan runtime untuk memanfaatkan bandwidth memori dan arsitektur inti dalam Intel Core Ultra.

Intel Core Ultra PC mendapatkan model AI yang lebih optimal, termasuk Stable Diffusion foto: intel

Pembelajaran mesin dan model AI yang berjalan secara lokal di komputer bukanlah hal baru, tetapi menjalankan model AI generatif yang lebih baru secara lokal di PC memiliki beberapa kasus penggunaan yang menarik.

Pengguna dapat menjalankan sesuatu seperti ChatGPT dan Microsoft Copilot sepenuhnya di PC, yang berpotensi menghilangkan masalah privasi dan persyaratan konektivitas jaringan yang menyertai pengiriman data cepat ke server eksternal. Chatbot lokal ChatRTX NVIDIA adalah langkah ke arah itu, tetapi masih eksperimental dan membutuhkan PC dengan kartu grafis seri RTX 30 atau 40 yang kuat.

(brl/red)