Menjajal Acer Predator Helios 16, laptop dengan desain gahar dan sederet fitur andal

Menjajal Acer Predator Helios 16, laptop dengan desain gahar dan sederet fitur andal

Techno.id - Acer beberapa waktu lalu meluncurkan laptop gahar, Acer Predator Helios 16 di Indonesia. Laptop dengan spesifikasi kelas dewa ini memang ditujukan untuk para gamer profesional dan konten kreator. Guna memenuhi kebutuhan konten kreator dan gamer, Acer Predator Helios 16 mengusung spesifikasi mumpuni dan fitur andalan yang dapat digunakan untuk bermain game, membuat desain animasi 3D, serta mengedit foto dan video.

Spesifikasi unggulan yang disajikan laptop ini meliputi sektor dapur pacu yang dibekali 13th Gen Intel Core i9-13900HX Processor, kartu grafis dengan varian RTX 40 Series serta sistem pendingin yang telah ditingkatkan.

Techno.id pun berkesempatan menjajal laptop tangguh ini. Penasaran dengan kemampuan Acer Predator Helios 16? Berikut review lengkapnya.

Desain gahar

Menjajal Acer Predator Helios 16, laptop dengan desain gahar dan sederet fitur andal foto: techno.id/yani andriyansyah

Tidak seperti Predator Series kebanyakan yang tampak bongsor, Acer Predator Helios 16 ini jauh lebih tipis. Meski begitu, dari sisi kinerja laptop ini tidak kehilangan kesan kokoh dan juga gahar. Maklum, laptop ini masih diguyur warna hitam pada sekujur bodynya, yang menjadi ciri khas Predator Helios Series.

Setiap sudut pada laptop gaming ini juga terlihat tidak begitu runcing, dan agak sedikit melengkung. Berbeda dengan Predator Series pada umumnya yang memiliki sudut yang terlalu melengkung.

Sekarang kita membahas bagian depan laptop ini. Nampak jelas layar dengan panel LED Mini berukuran 16 inci serta sebuah webcam pada bagian depan laptop. Layar laptop ini memiliki 1000 zona LED Mini, WQXGA, 1000 nit, dan DCI-P3 100% Gamut Warna serta refresh rate 250 Hz.

Menjajal Acer Predator Helios 16, laptop dengan desain gahar dan sederet fitur andal foto: techno.id/yani andriyansyah

Selain itu, layarnya juga didukung NVIDIA Advanced Optimus yang membuat pengalihan tampilan lebih dinamis. Dengan kombinasi tersebut, laptop ini menyuguhkan visual lebih tajam dan detail saat bermain game serta mengedit video.

Bergeser ke bawah layar, terdapat sebuah touchpad dan keyboard berlampu latar per-key RGB bersinar dengan lampu latar LED Mini. Lampu ini lebih hemat daya, dan berwarna lebih seragam dibanding yang ada pada generasi Predator Helios sebelumnya.

Keyboard cukup empuk dan responsif. Sama halnya dengan touchpad yang sangat cepat. Ditambah lagi mengetik kian nyaman karena disertakan sistem operasi Windows 11 Home dan Microsoft Office Home & Student 2021 yang sudah bisa langsung dipakai.

Menjajal Acer Predator Helios 16, laptop dengan desain gahar dan sederet fitur andal foto: techno.id/yani andriyansyah

Keyboard ini juga dilengkapi tombol pintas mode dan tombol cepat aplikasi utilitas PredatorSense yang memudahkan kamu menyesuaikan pengaturan laptop.

Selain mengatur lampu latar per-key RGB, melalui software PredatorSense, kamu juga dapat menyesuaikan pengaturan laptop agar sesuai dengan kebutuhan performa yang diinginkan. Terdapat beberapa mode operasi, seperti Quiet (Senyap), Balanced (Seimbang), Performance (Performa), dan Turbo (overclock total, kipas total) yang bisa kamu pilih.

Mode operasi ini memungkinkan untuk memilih mode yang sesuai dengan kebutuhan dan memaksimalkan performa laptop. Selain itu, kamu juga dapat mengatur pencahayaan pulsar dan kontrol kipas saat laptop ini digunakan.

Sederet fitur unggulan

Menjajal Acer Predator Helios 16, laptop dengan desain gahar dan sederet fitur andal foto: techno.id/yani andriyansyah

Bukan cuma soal desain, laptop ini juga mengusung sederet fitur andal dan spesifikasi pendukung rutinitas gamer dan konten kreator. Dapur pacunya, laptop ini diperkuat 13th Gen Intel Core i9-13900HX Processor dengan 24 cores (8P-core + 16E-core) dan hingga 32 thread serta arsitektur hibrida performa yang baru.

Prosesor tersebut memberikan peningkatan performa 46% lebih cepat dibanding generasi 12 dan waktu rendering video 43% lebih singkat. Arsitektur baru ini mampu menyesuaikan core yang tepat dengan beban kerja yang tepat. Dengan begitu, aplikasi apapun yang berjalan di latar belakang tidak akan mengganggu permainan game kamu.

Untuk menunjang kinerja prosesor, laptop gaming ini didukung penyimpanan PCIe kecepatan tinggi SSD NVMe hingga 2TB. Urusan visual, laptop ini disematkan GPU NVIDIA GeForce RTX 40 Series yaitu RTX 4080 yang sangat cepat dan cocok untuk para gamer dan konten kreator.

Menjajal Acer Predator Helios 16, laptop dengan desain gahar dan sederet fitur andal foto: techno.id/yani andriyansyah

Disokong teknologi NVIDIA Ada Lovelace Architecture yang super efisien, laptop ini menyuguhkan visual yang tajam dan detail saat bermain game AAA serta melakukan editing video, foto dan kegiatan multimedia lainnya.

Ditambah lagi, laptop ini dilengkapi Tensor Cores generasi ke-4 terbaru dan Optical Flow Accelerator di GPU GeForce RTX 40 Series, DLSS 3 memanfaatkan AI untuk menghasilkan frame tambahan berkualitas.

Arsitektur NVIDIA Ada Lovelace Architecture juga mampu mengoptimalkan kemampuan ray tracing, yang mensimulasikan sifat natural cahaya di dunia nyata. Dengan NVIDIA DLSS 3 dan pelacakan sinar, Acer Predator Helios 16 menawarkan pengalaman dunia virtual penuh detail yang benar-benar baru.

Laptop ini juga didukung teknologi NVIDIA Max-Q yang merupakan serangkaian teknologi canggih berkemampuan AI yang mengoptimalkan performa laptop. Berkat teknologi ini, Acer Predator Helios 16 menjadi super kencang, tipis, tidak bising, dan memiliki daya tahan baterai yang luar biasa.

(brl/red)