Rekor dunia frekuensi tim Asus ROG OC setelah meng- overclock Intel Core i9-14900KF melewati 9GHz

Rekor dunia frekuensi tim Asus ROG OC setelah meng- overclock Intel Core i9-14900KF melewati 9GHz

Techno.id - Intel baru saja meluncurkan CPU generasi ke-14. Setelah diluncurkan, banyak orang mencoba untuk mendorong CPU tersebut hingga ke batas maksimal untuk membuat rekor dunia frekuensi baru. Mereka pun berhasil melakukannya, dengan menggunakan Intel Core i9-14900KF untuk melewati batas 9GHz. Inilah yang dilakukan tim Asus ROG OC terdiri dari para ahli overclocking yang dikenal sebagai Elmor, SkatterBencher, Bing, dan Shamino seperti Techno.id saksikan dari laman YouTube SkatterBencher.

Tim ini juga memegang rekor tahun lalu dengan i9-13900K, mencapai frekuensi 8,7GHz (8734MHz). Dengan Core i9-14900KF, mereka mampu mencapai 9.1GHz, namun sayangnya hal ini tidak dapat divalidasi secara resmi.

Namun, hal ini kemungkinan akan diperbaiki pada tahap tertentu yang berarti rekor dunia baru. Untuk saat ini, rekor tersebut berada di 9043.9MHz dan mereka membutuhkan waktu satu minggu penuh untuk mencapainya, tetapi mereka akan melakukan pengujian lagi beberapa minggu ke depan.

Apa yang dimaksud dengan overclocking?

Overclocking CPU adalah tentang mencoba mendorong kecepatan clock melewati frekuensi yang direkomendasikan produsen. Cara ini memungkinkan CPU untuk menjalankan lebih banyak operasi per detik yang akan meningkatkan performa.

Hal ini juga menyebabkan produksi panas yang lebih banyak dan berarti overclocker harus menggunakan beberapa solusi pendinginan yang serius untuk memungkinkan CPU mencapai batasnya. Tanpa pendinginan tersebut, ada potensi untuk merusaknya. Overclocking juga dapat dilakukan dengan GPU pada tingkat yang lebih rendah.

Rekor dunia frekuensi tim Asus ROG OC setelah meng- overclock Intel Core i9-14900KF melewati 9GHz foto: youtube/@skatterbencher

Di sisi lain, pengguna juga dapat menurunkan voltase CPU sehingga menggunakan lebih sedikit daya. Ini adalah keseimbangan yang bagus untuk melihat seberapa banyak energi yang dapat pengguna hemat tanpa memengaruhi kinerja keseluruhan.

Dengan sendirinya, ini adalah CPU yang sangat baik yang mengemas banyak daya tanpa peningkatan konsumsi daya dibandingkan generasi sebelumnya. Tapi ini masih merupakan peningkatan ringan, dan pemilik Generasi ke-13 mungkin tidak akan terburu-buru untuk mendapatkannya.

(brl/red)