AMD vs Intel, mana prosesor terbaik untuk rig gaming kamu?

AMD vs Intel, mana prosesor terbaik untuk rig gaming kamu?

Techno.id - Jika kamu sedang membangun PC gaming dan bingung antara CPU AMD dan Intel, inilah saatnya untuk mempelajari prosesor mana yang terbaik untuk rig gaming kamu.

Saat membuat PC gaming, hal pertama yang mungkin kamu pilih adalah merek CPU, apakah akan memilih Team Blue dengan prosesor Intel atau memilih AMD yang lebih baru chip Ryzen.

Prosesor seri Intel Generasi ke-14 vs AMD Ryzen 7000

AMD vs Intel, mana prosesor terbaikuntuk rig gaming kamu? foto: freepik/tamal

Techno.id mencocokkan chip generasi terbaru dengan kisaran harga yang sama untuk menjaga level permainan. Namun, karena AMD Ryzen 9 7950 berada dalam kelas harganya sendiri, tidak berlebihan jika menambahkannya ke prosesor kelas atas untuk melihat perbandingannya dengan yang terbaik dari Intel.

Intel menggunakan proses Intel 7, yang menggunakan proses SuperFin yang ditingkatkan 10nm, sedangkan AMD menggunakan proses 5nm TSMC. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan bahwa prosesor Intel Generasi ke-14 menggunakan inti P dan E, sedangkan chip AMD hanya menggunakan inti serupa.

Game kelas atas, Intel Core i9-14900K vs AMD Ryzen 9 7950X3D vs AMD Ryzen 9 7900X3D

AMD vs Intel, mana prosesor terbaikuntuk rig gaming kamu? foto: intel

PC gaming kelas atas adalah sistem paling mahal yang dapat kamu beli. Komputer ini biasanya mulai dari Rp31,5 juta tanpa batas atas. Jadi, jika itu yang kamu cari, mari bandingkan prosesor teratas dari Intel dan AMD.

Saat kamu melihat angka di atas kertas, prosesor 14900K cocok dengan 7950X3D berdasarkan jumlah inti. Kedua chip AMD memiliki kecepatan clock dasar yang lebih tinggi daripada penawaran Intel. Tetapi Intel mengalahkannya dengan kecepatan clock turbo-nya. Meskipun demikian, cache L3 X3D yang sangat besar diketahui memberi AMD keunggulan dalam bermain game.

Mengingat bahwa AMD Ryzen 7950X3D adalah model yang lebih cepat dan lebih mahal, masuk akal jika performanya akan lebih baik daripada AMD Ryzen 7900X3D. Tapi bagaimana performa AMD Ryzen 7900X3D melawan 14900K?

Tampaknya, berdasarkan hasil pengujian beberapa situs, AMD Ryzen 7950X3D adalah yang berkinerja terbaik, tetapi dengan selisih kecil di atas 14900K. Di sisi lain, 14900K dengan mudah mengatasi 7900X3D.

Ini berarti AMD adalah pilihan yang lebih baik untuk game kelas atas karena tenaganya. Namun, jika kamu mempertimbangkan harga chip ini, kamu mungkin ingin memilih prosesor Intel karena ini yang paling murah.

Game kelas menengah, Intel Core i7-14700K vs AMD Ryzen 7 7800X3D

AMD vs Intel, mana prosesor terbaikuntuk rig gaming kamu? foto: amd

Membangun rigkelas menengah mulai dari Rp11,8 juta hingga Rp31,5 juta dan biasanya menggunakan Intel Core i7-14700K atau AMD Ryzen 7 7800 X3D.

Jika melihat spesifikasinya, kamu mungkin dapat mengharapkan 14700K mengalahkan 7800X3D dengan mudah dengan jumlah inti yang lebih besar dan kecepatan clock turbo yang lebih tinggi. Tapi apakah itu benar-benar akan terjadi dalam game? Berdasarkan hasil uji benchmark game eTeknix, meskipun 14700K terlihat lebih baik di atas kertas daripada 7800X3D, yang terakhir mengalahkannya di semua game yang diuji. Itu sebabnya kamu tidak dapat menilai prosesor berdasarkan spesifikasinya.

Game kelas pemula, Intel Core i5-14600K vs AMD Ryzen 5 7600X

AMD vs Intel, mana prosesor terbaikuntuk rig gaming kamu? foto: freepik/dcstudio

Meskipun kamu tidak memiliki banyak anggaran, baik Intel maupun AMD menawarkan opsi prosesor untuk para gamer. Chip ini terjangkau tetapi tetap memberikan kinerja yang dibutuhkan sebagian besar game. Meskipun kamu masih dapat membeli prosesor yang lebih murah, tetapi tidak direkomendasikan karena kemungkinan besar akan kesulitan dalam bermain game.

Sekali lagi, kita akan melihat benchmark game. Kali ini, berdasarkan hasil pengujian Testing Game, menunjukkan bahwa performa 14600K lebih baik daripada 7600X meskipun memiliki kecepatan clock dasar yang lebih rendah dan kecepatan clock turbo yang sama.

Ini mungkin karena yang pertama memiliki delapan inti efisiensi, memungkinkannya untuk mengalihkan tugas latar belakang ke inti yang kurang kuat ini, memastikan bahwa game apa pun yang kamu mainkan tidak harus bersaing untuk mendapatkan sumber daya komputasi.

Jadi, pilih mana nih, AMD atau Intel?

Berdasarkan hasil beberapa pengujian, hasil FPS rata-rata tidak mencerminkan spesifikasi di atas kertas. Berdasarkan hasil, tidak ada pemenang yang jelas antara kedua pembuat CPU.

Jika kamu ingin menjalankan misi tanpa hambatan untuk membangun PC gaming paling kuat, maka AMD adalah CPU gaming terbaik. Tetapi jika kamu mencari keseimbangan antara harga dan daya, garisnya menjadi sedikit lebih kabur karena kamu harus mempertimbangkan aspek lain seperti sistem yang ada dan kompatibilitas suku cadang yang lebih terjangkau seperti RAM DDR4.

(brl/red)