Instagram luncurkan fitur kolaborasi untuk simpan konten bareng teman, ini cara menggunakannya

Instagram luncurkan fitur kolaborasi untuk simpan konten bareng teman, ini cara menggunakannya

Techno.id - Instagram adalah salah satu media sosial popular di dunia. Aplikasi besutan Meta ini mempunyai beragam fitur menarik untuk digunakan. Seperti diketahui, pada 2017 silam Instagram telah meluncurkan fitur Collections yang memungkinkan pengguna menyimpan konten yang disukai dan mengaturnya masuk ke dalam folder privat.

Kemudian, pada akhir Maret 2023 Instagram secara resmi meluncurkan fitur barunya, yakni Collaborative Collections. Fitur ini memungkinkan pengguna Instagram serta temannya dapat menyimpan konten favoritnya dalam satu folder kolaborasi. Developer memberikan desain fitur ini mirip seperti group board di aplikasi Pinterest.

"Kini ketika pengguna menyimpan konten dari Feed atau dari DM, nantinya akan melihat opsi baru untuk membuat koleksi kolaboratif, kata Head of Instagram Adam Mosseri dalam reels Instagram pribadinya.

Selanjutnya Mosseri menyebutkan pengguna dan temannya bisa menambahkan konten dari Reels, Explore, Feed, dan DM ke dalam koleksi kolaboratif. Pengguna Instagram juga bisa memberi nama khusus untuk koleksinya dan menambahkan teman untuk bergabung masuk ke dalam konten koleksi itu.

Untuk mengakses fitur Collaborative Collection, berikut Techno.id sajikan cara menggunakan fitur tesebut, yang dihimpun dari laman resminya, Sabtu (1/4).

Cara menggunakan fitur Collaborative Collection

Instagram luncurkan fitur kolaborasi untuk simpan konten bareng teman, ini cara menggunakannya (Foto: Twitter/Instagram)

1. Silakan cari konten yang pengguna sukai, kemudian klik tombol save selayaknya simbol bookmark di ujung kanan bawah unggahan.

2. Nantinya Instagram akan menampilkan notifikasi pop-up yang mengajak pengguna untuk save posts with friends. Klik tombol Try it untuk mulai membuat koleksi kolaboratif

3. Apabila pengguna tidak melihat tombol Try It, silakan membuat koleksi baru dengan klik tombol New collections di bagian sudut kanan atas.

4. Pilih nama untuk koleksi kolaboratif sesuai keinginan. Kemudian klik toggle di samping tulisan Collaborative agar teman kamu dapat bergabung ke dalam koleksi.

5. Selanjutnya, tambahkan teman yang ingin kamu ajak membuat koleksi. Sebagai catatan, pengguna bisa menambahkan hingga 250 orang ke dalam daftar fitur Collaborative Collection.

Pengguna bisa membuat koleksi kolaboratif baru dari dalam chat. Dari fitur tersebut, pengguna dan temannya dapat menambah atau menghapus konten dari koleksi bersamannya.

Itulah beberapa cara menggunakan fitur Collaborative Collection. Perlu dicatat, apabila pengguna menambahkan konten dari akun private ke koleksi kolaboratif maka hanya followers akun itu saja yang dapat melihat postingan tersebut. Pengguna juga tidak dapat membuat koleksi kolaboratif menjadi private setelah dibuat, atau membagikan koleksi pribadi telah dibuat dengan orang lain. Selamat mencoba!

(brl/red)