6 Aplikasi berbagi video selain TikTok yang mulai ramai pengunjung, mau coba?

6 Aplikasi berbagi video selain TikTok yang mulai ramai pengunjung, mau coba?

Techno.id - Menurut data terbaru yang dilansir Google Play, aplikasi TikTok sudah didownload lebih dari 500 juta kali di bulan Maret 2023. Ini adalah jumlah total pengguna TikTok secara global. Jumlah tersebut menjadikan TikTok sebagai salah satu platform berbagi video paling popular di dunia. Aplikasi TikTok dapat ditemui di hampir seluruh telepon genggam baik yang menggunakan sistem operasi Android maupun IOS.

TikTok mulai mengalami peningkatan pengguna secara masif sejak awal pandemi di tahun 2020 lalu. Dengan disarankannya masyarakat global untuk tetap di rumah agar mencegah pernyebaran Covid-19, berbagai aktivitas hiburan pun beralih ke media digital.

Meskipun TikTok tetap sebagai platform favorit warganet, tidak ada salahnya untuk mengetahui sejumlah platform berbagi video serupa yang juga mulai ramai penggunanya. Techno.id sudah merangkum 6 aplikasi berbagi video selain TikTok yang mulai ramai pengunjung.

1. Triller

6 Aplikasi berbagi video selain TikTok yang mulai ramai pengunjung, mau coba? (Foto: Triller)

Aplikasi Triller memiliki display layar yang mirip dengan TikTok. Cara kerjanya pun hampir sama, pada aplikasi Triller pengguna dapat membuat konten video, mengedit video, memasukkan musik, dan membagikan konten-konten yang sudah diedit di akun pribadinya.

Aplikasi ini cocok untuk penggemar TikTok yang ingin mencari alternatif lain tapi tidak mau ribet mempelajari cara kerjanya sedari awal karena tampilan yang familiar dengan TikTok.

2. YouTube Shorts

6 Aplikasi berbagi video selain TikTok yang mulai ramai pengunjung, mau coba? (Foto: YouTube)

Sudah menjadi ciri khas YouTube untuk memberikan layanan berbagi video dari ukuran sedang sampai besar. Setelah kesuksesan TikTok sebagai platform berbagi video pendek, YouTube pun meluncurkan inovasi baru berupa YouTube Shorts. Uniknya YouTube Shorts tidak berbeda aplikasi dengan YouTube reguler, dalam artian hanya perlu mengupgrade YouTube versi terbaru untuk menikmati layanan YouTube Shorts.

Yang menjadi keunggulan dari YouTube Shorts adalah pengguna tidak perlu mengatur dari awal algoritma yang diinginkan karena YouTube sudah menyimpan algoritma lama pengguna.

Magang : Millenia Ramadita

(brl/red)