Instagram dikabarkan sedang mengembangkan fitur baru, termasuk detektor gambar berbasis AI

Instagram dikabarkan sedang mengembangkan fitur baru, termasuk detektor gambar berbasis AI

Techno.id - Media sosial seperti Instagram secara perlahan-lahan mengimplementasikan AI generatif ke dalam aplikasinya. Baru-baru ini muncul bocoran tangkapan layar yang dibagikan peneliti aplikasi Alessandro Paluzzi di Twitter yang menunjukkan bahwa Meta mengambil pendekatan yang berbeda dengan Instagram. Perusahaan ini menggunakan AI untuk mengembangkan beberapa fitur yang secara langsung akan berdampak pada pengalaman pengguna di aplikasi.

Instagram saat ini sedang mengerjakan label yang membantu pengguna membedakan antara foto yang dihasilkan AI dan foto asli. Sebuah fitur yang dapat memiliki dampak signifikan pada pengalaman pengguna, serta membantu memerangi informasi yang salah.

Fitur ini akan membantu kekhawatiran pengguna tentang dampak negatif AI generatif dan membedakan mana yang nyata dan mana yang dibuat-buat. Fitur lain yang dibagikan Paluzzi di Twitter adalah ringkasan pesan langsung, yang bisa sangat berguna bagi para influencer dan pembuat konten yang dibombardir dengan pesan-pesan merek.

Instagram juga memanfaatkan AI generatif untuk mempermudah pengeditan foto dan mendapatkan gambar yang sempurna. Salah satu alat yang disebut Restyle, memungkinkan pengguna mengubah gambar mereka menjadi gaya visual apa pun yang mereka inginkan.

Alat lainnya, AI brush, dapat digunakan untuk menambah atau mengganti bagian tertentu dari gambar pengguna. AI Brush akan mirip dengan fitur Object Eraser dari Samsung atau Magic Eraser dari Google Pixel, yang memudahkan menghapus objek yang tidak diinginkan dari foto. Instagram juga dikabarkan mengimplementasikan chatbot AI-nya sendiri, mirip dengan My AI milik Snapchat.

(brl/red)