Cara melaporkan komentar yang tidak menyenangkan dan ujaran kebencian di Instagram

Cara melaporkan komentar yang tidak menyenangkan dan ujaran kebencian di Instagram

Techno.id - Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang cukup digemari. Namun ada kalanya pengguna merasa terganggu dengan komentar yang tidak menyenangkan. Komentar tersebut bisa berupa ujaran kebencian, kata-kata kasar, ancaman, menghina, dan perundungan.

Padahal, Meta selaku perusahaan yang menaungi Instagram sudah mengeluarkan aturan ketat terhadap tindakan-tindakan tersebut. Pengguna pun bisa melaporkan pelaku. Nah serangan menurut Instagram termasuk ucapan yang mengandung kekerasan atau merendahkan martabat, stereotip yang berbahaya, ekspresi penghinaan, umpatan, dan seruan mengucilkan.

Jika kamu mengalami masalah tersebut, jangan takut untuk melaporkan ujaran kebencian dalam komentar seseorang yang kamu ikuti. Begini cara melakukannya.

Cara melaporkan komentar yang tidak menyenangkan dan ujaran kebencian di Instagram foto: unsplash/katka-pavlickova

1. Buka Instagram dan buka postingan yang dimaksud.

2. Geser ke kiri pada komentar yang ingin kamu laporkan. Geser ke kiri pada komentar yang dimaksud jika kamu menggunakan iPhone. Pengguna Android, cukup ketuk komentar tersebut.

3. Tekan tombol tanda seru.

4. Ketuk Laporkan Komentar Ini.

5. Pilih alasan kamu melaporkan komentar tersebut. Tergantung pada alasan yang kamu pilih. Laporan akan langsung dikirim, atau kamu mungkin akan ditanyai pertanyaan tambahan tentang komentar tersebut.

Bukan hanya tindakan penyalahgunaan dan ujaran kebencian, kamu juga dapat melaporkan komentar dan unggahan di Instagram mulai dari penindasan dan pelecehan, informasi palsu, menjual barang ilegal hingga pelanggaran kekayaan intelektual dan hak cipta.

(brl/red)