Ini bocoran desain kamera iPhone 16, gunakan dua lensa dengan susunan vertikal berbentuk pil

Ini bocoran desain kamera iPhone 16, gunakan dua lensa dengan susunan vertikal berbentuk pil

Techno.id - Baru-baru ini laman MacRumors memberikan bocoran mengenai prototipe terbaru Apple iPhone 16 yang memiliki susunan kamera vertikal bertumpu pada balok berbentuk pil. Bahkan MacRumors juga membuat serangkaian gambar mockup untuk menunjukkan perubahan secara visual.

Dari gambar-gambar tersebut, tampak bahwa Apple tetap menggunakan kamera ganda untuk iPhone 16 standar, mungkin kombinasi utama dan ultrawide. Susunan baru kamera tersebut sesuai dengan desain yang terlihat di bocoran sebelumnya, termasuk posisi lensa dan lampu kilat

Kedua desain yang dilaporkan ini tampak sangat mirip dengan iPhone X, yang juga memiliki tonjolan kamera seperti pil yang mengelilingi dua lensa yang diposisikan satu di atas yang lain. Namun, lampu kilat pada iPhone X berada di antara kedua lensa, sedangkan di sini hanya di samping.

Ini bocoran desain kamera iPhone 16, gunakan dua lensa dengan susunan vertikal berbentuk pil foto: macrumors

Desain itu dihilangkan dari seri iPhone 11 dan seterusnya demi tonjolan kamera persegi yang menggabungkan lampu kilat yang kita lihat sekarang. Dengan perubahan desain ini, Apple dapat menghadirkan perekaman video spasial 3D ke model dasar iPhone 16 dan iPhone 16 Plus, yang kemudian dapat dilihat di Apple Vision Pro dan headset lain seperti Meta Quest 3.

Saat ini, iPhone 15 memiliki tata letak kamera diagonal, artinya ponsel tidak dapat menangkap rekaman spasial. Fitur ini sekarang terbatas pada iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max serta kamera utama dan ultrawide yang disejajarkan secara vertikal.

Desain potensial ini memang membuat bagian belakang ponsel terlihat lebih ramping dibanding model lainnya, meskipun lokasi lampu kilat di luar area yang ditinggikan membuatnya terlihat agak acak. Perlu dicatat bahwa ini bukan render resmi dari prototipe, dan model akhirnya mungkin terlihat sangat berbeda.

Namun ini bisa saja sebuah spekulasi mengenai desain akhir iPhone 16 yang sesunguhnya. Karena hal itu baru akan terungkap setelah pengumuman resminya, yang akan terjadi pada September mendatang jika Apple mengikuti jadwal standarnya.

(brl/red)