Hati-hati! Smartphone kamu bisa bikin panggilan darurat ke polisi tanpa disengaja

Hati-hati! Smartphone kamu bisa bikin panggilan darurat ke polisi tanpa disengaja

Techno.id - Baru-baru ini ada peristiwa menghebohkan di Inggris. Kepolisian di wilayah Devon dan Cornwall menerima 169 panggilan darurat antara pukul 19.00 hingga tengah malam waktu setempat dalam sehari saja. Seperti dilaporkan BBC, panggilan darurat tersebut saat direspons tidak menjawab. Pihak kepolisian setempat membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk menangani setiap panggilan tersebut.

Setelah diselidiki, ternyata panggilan darurat tersebut terjadi karena ketidaksengajaan. Lho koq bisa? Setelah ditelusuri panggilan tersebut berasal dari smartphone Android yang mengaktifkan panggilan darurat.

Sebagai informasi, baik iPhone dan ponsel Android memiliki fitur panggilan darurat untuk membantu pengguna menghubungi polisi atau layanan darurat lainnya saat dibutuhkan, tanpa perlu menekan nomornya. Pada sejumlah perangkat tersebut ada fitur shortcut yang bisa langsung mengaktifkan panggilan darurat.

Hati-hati! Smartphone kamu bisa bikin panggilan darurat ke polisi tanpa disengaja foto: freepik.com/andranik.h90

Meskipun shortcut untuk bantuan darurat ini sangat berguna dan bahkan berpotensi menyelamatkan nyawa, namun fitur tersebut juga dapat menyebabkan banyak masalah pada beberapa ponsel Android.

Pada sejumlah ponsel Android, panggilan darurat dapat terpicu jika pengguna menekan (atau tidak sengaja tertekan) tombol daya pada ponsel sebanyak lima kali atau lebih. Kondisi ini bisa terjadi secara tidak sengaja ketika smartphone berada di dalam saku. Memang beberapa produsen menawarkan cara alternatif untuk mengaktifkan panggilan darurat secara default.

Namun tidak semua ponsel mengaktifkan panggilan darurat tersebut secara default. Seperti Samsung Galaxy S23 Ultra misalnya, cara mengaktifkannya secara default. Sedangkan Pixel 7 Pro menonaktifkannya secara default. Akibatnya, pengguna mungkin mengaktifkannya tanpa menyadarinya.

Hati-hati! Smartphone kamu bisa bikin panggilan darurat ke polisi tanpa disengaja foto: techno.id/yani andriyansyah

Nah meskipun laporan panggilan darurat tersebut terjadi di Inggris, masalah ini juga dialami sejumlah negara di Eropa. Bukan tidak mungkin terjadi juga di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Apalagi fitur panggilan darurat telah ditambahkan pada Android 12 dan menjadi lebih banyak masalah dengan pembaruan ke Android 13. Jadi, sepertinya beberapa perubahan perlu dilakukan saat pembaruan perangkat lunak saat peluncuran Android 14.

(brl/red)